jatimnow alexametrics

Wabah Virus Corona

28 Santri Temboro Magetan asal Pacitan Dirapid Test, 3 Positif

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Rapid test untuk para santri Ponpes Al Fatah Temboro, Magetan (Foto: Dok. jatimnow.com)
Rapid test untuk para santri Ponpes Al Fatah Temboro, Magetan (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pacitan juga melacak warganya yang menjadi santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah Temboro, Magetan. Mereka mencatat ada 28 santri yang sudah kembali ke Pacitan.

"28 santri itu semua sudah dilakukan rapid test. Hasilnya ada tiga santri yang reaktif (positif)," kata Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pacitan, Rahmat Dwiyanto, Kamis (30/4/2020).

Tahapan selanjutnya, tiga santri akan dites swab untuk memastikan apakah ketiga santri itu positif atau negatif Virus Corona.

"InsyaAllah hari ini akan dilakukan tes swab bagi tiga santri yang hasil rapid test-nya reaktif," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Pacitan ini.

Rahmat menambahkan, ketiga santri itu juga sudah diisolasi di wisma atlet Pacitan. Segala kebutuhan dan perlengkapannya disediakan oleh gugus tugas. Termasuk pemeriksaan dan perkembangan kesehatannya. Mereka juga ditunggu oleh sejumlah tenaga medis.

Ia melanjutkan, untuk 25 santri lainnya juga diwajibkan melakukan isolasi mandiri untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena bukan tidak mungkin para santri ini menjadi carier, mungkin juga orang tanpa gejala (OTG).

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Sebenarnya total ada 66 orang yang terlacak melakukan perjalanan ke Ponpes Temboro. 66 orang itu orangtua santri dan juga pengantar," ungkap Rahmat.

Hanya saja tim gugus tugas baru mampu melakukan rapid test terhadap para santri saja, lantaran alat rapid test-nya terbatas.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE