jatimnow alexametrics

Kepribadian Machfud Arifin di Mata Penyandang Disabilitas

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Jajeli Rois
Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memiliki peduli yang tinggi terhadap kelompok disabilitas
Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memiliki peduli yang tinggi terhadap kelompok disabilitas

jatimnow.com - Penyandang disabilitas di Kota Surabaya memiliki kesan tersendiri terhadap kepribadian Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Mantan Kapolda Jatim itu dinilai memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap kelompok disabilitas.

"Kami melihat Bapak Machfud Arifin ini, ketika Pak Machfud menjadi Kapolda Jatim itu beliau tanpa mengetahui keadaan kita, tanpa bertemu dengan kita, beliau tiba-tiba membantu kami kursi roda sebanyak 262 buah. Itu bantuan terbesar yang pernah kami terima," ujar Sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Jawa Timur, Joko Widodo di sela menerima bantuan sembako dari Machfud Arifin, Kamis (23/4/2020).

Kepedulian sosial dari Machfud Arifin itu masih terngiang dikalangan penyandang disabilitas. Ketika Machfud Arifin purnatugas dari kepolisian dan mendengar kabar mantan Kapolda Jatim itu diusung koalisi partai PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem dan Partai Golkar sebagai Calon Wali Kota Surabaya, mereka mendoakan Machfud dapat memimpin Kota Surabaya meneruskan Tri Rismaharini.

"Ketika ada salah seorang teman kami yang jadi timses (tim sukses)-nya Pak MA (Machfud Arifin) mengupload status di WA (WhatsApp)-nya, Pak MA mencalonkan diri sebagai wali kota, saya sebagai pengurus organisasi disabilitas ini merasa tergerak karena sebagai ucapan terima kasih kepada Pak MA," tuturnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Bantuan dari Cawali Surabaya Machfud Arifin untuk penyandang disabilitas

"Bukan karena apa-apa, karena itu tadi sebelum beliau mencalonkan sebagai Wali Kota Surabaya beliau sudah peduli terhadap kami, padahal beliau belum pernah bertemu kami sama sekali pada saat itu," tambah Joko Widodo.

Ia menambahkan, Machfud Arifin tokoh yang peduli dan ikhlas membantu penyandang disabilitas.

"Ya mungkin memang peduli, keihklasan beliau, padahal beliau belum penah bertemu kami, belum mengenal kami, bantuannya sudah datang duluan," ujar dia.

Ketika menerima santunan sembako di saat pandemi Corona, penyandang disabilitas ini berharap wabah Covid-19 segera berakhir.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak MA, dan Insya Allah hajat Pak Machfud Arifin menjadi Wali Kota Surabaya terkabulkan," harapnya.

Bantuan dari Cawali Surabaya Machfud Arifin untuk penyandang disabilitas

Sementara itu, Machfud Arifin mendoakan semoga para penyandang disabilitas di Jawa Timur maupun di Surabaya diberikan kesehatan dan terhindar dari Virus Corona.

"Jaga kebugaran tubuh, tetap sehat dan semoga wabah Corona ini segera diangkat oleh Allah SWT dari muka bumi, dari Indonesia, dari Jawa Timur dan khususnya Kota Surabaya," kata Machfud Arifin.

"Memasuki bulan puasa ini, mari kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Memohon supaya Corona cepat selesai," tambahnya.

Disinggung mengenai bantuan untuk penyandang disabilitas, kata Machfud, itu bagian dari meringankan beban mereka di saat pandemi Covid-19.

"Mungkin oleh pemerintah daerah ada yang kelewatan, ya kita melihat mana yang kelewatan. Yang membutuhkan ya kita bantu. Dan ini juga dari tim MA Center yang melihat ini semuanya, terus mengajukan ke saya," tuturnya.

Machfud pun mengaku trenyuh melihat kondisi penyandang disabilitas di tengah wabah Corona dan menyetujui untuk membantunya.

"Kita juga ikut merasakan. Itulah bentuk kepedulian kepada orang yang layak diberikan bantuan," terangnya.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif