jatimnow alexametrics

Kali Lamong Meluap, Rumah hingga Sawah di Gresik Terendam Banjir

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Desa dan sawah di Balongpanggang Gresik terendam banjir
Desa dan sawah di Balongpanggang Gresik terendam banjir

jatimnow.com - Sedikitnya 105 hektar sawah di Kecamatan Balongpanggang Gresik terancam gagal panen akibat luapan dari Kali Lamong yang melanda kawasan tersebut, Rabu (8/4/2020) pagi.

Dari informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, air Sungai Kali Lamong meluap akibat hujan deras yang terjadi sejak Selasa (7/4) sore.

"Banjir di Kecamatan Balongpanggang ini mulai pukul 5.00 Wib dan menggenangi empat desa yakni Desa Sekar Putih, Wotansari, Banjaragung dan Pucung," kata Ketua BPBD Gresik, Tarso Sagito.

Perincian lahan sawah yang terendam di wilayah Balongpanggang ini meliputi Desa Sekar Putih 20 hektar, Desa Wotansari 25 hektar, Desa Banjaragung 30 hektar dan Desa Pucung 30 hektar.

Tarso juga menjelaskan jika banjir tidak hanya menggenangi lahan persawahan tetapi juga mengakibatkan 247 rumah warga terdampak dengan ketinggian air sekitar 30 hingga 50 sentimeter.

"Desa Sekar Putih ada 20 rumah, Desa Wotansari 92 rumah, Desa Banjaragung 135 rumah. Sedang untuk Desa Pucung kami belum mendapatkan datanya," jelasnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Sementara itu banjir juga merusak jalan lingkungan desa sepanjang 3.350 meter. Jalan lingkungan yang rusak tersebut terdapat di Desa Sekar Putih 600 meter, Desa Wotansari 750 meter, Desa Banjaragung 1500 meter dan Desa Pucung 500 meter.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif