Wabah Virus Corona

Melihat Produksi APD dan Masker di SMKN 2 Ponorogo

jatimnow.com - Meski belajar di rumah masih berlangsung, tapi sejumlah siswa SMKN 2 Ponorogo mendedikasikan diri untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Setiap hari, mereka memproduksi alat pelindung diri (APD) dan masker.

"APD maupun masker yang kami produksi sudah kami kirimkan ke Pemprov Jatim," terang Kepala Program Keahlian Tata Busana SMKN 2 Ponorogo, Herning Pakarti, Selasa (7/4/2020).

Herning menambahkan, pembuatan APD dan masker yang melibatkan para siswanya itu memang atas permintaan Pemprov Jatim. Hingga Minggu (5/4/2020) lalu, sudah ada 34 APD yang yang diproduksi.

"Terbuat dari kain sintetis. Kain itu tidak mudah menyerap keringat," ungkap Herning.

Dia menyebut bahwa pembuatan APD itu sudah mengacu tata cara yang telah diatur. Setelah dikirim ke Pemprov Jatim, APD APD itu akan disebar ke para tenaga medis di sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

"Sudah kesepakatan sekolah-sekolah yang membuat APD, model standarnya terusan menutup seluruh badan. Tapi tidak disertai pelindung wajah (visor)," jelasnya.

Selain APD, SMKN 2 Ponorogo juga memproduksi masker berbahan kain perca satu lapisan. Meski begitu, Herning menyebut bahwa masker itu cukup efektif menyaring virus dan bakteri.

"Sesuai anjuran pemerintah, masker kain untuk masyarakat umum yang sehat. Sedangkan masker medis hanya untuk tenaga medis dan pasien yang sudah terpapar," terang Herning.

Terkait jumlah yang akan diproduksi, Herning belum dapat memastikan. Sebab sekolah saat ini kekurangan tenaga. Sebelumnya masih ada sekitar 40 siswa yang membantu produksi. Saat ini tinggal 10 orang.

"Untuk masker rencananya akan kami bagikan langsung kepada pengguna jalan dan masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top