Ini Langkah SMK di Ponorogo Cegah Penyebaran Virus Corona

jatimnow.com - Mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), SMK PGRI 2 Ponorogo membuat room screening (bilik sterilisasi), Sabtu (21/3/2020).

Ratusan guru swasta yang datang untuk mengikuti rapat dinas di Jalan Wonopringgo Ponorogo itu diminta masuk ke dalam bilik tersebut setelah sebelumnya menggunakan hand sanitizer. Begitu juga untuk kendaraan para tamu juga disemprot disinfektan.

"Dalam bilik itu terdapat sprayer untuk menyemprot cairan disinfektan serta dindingnya dari plastik, ini untuk pembersih badan," kata salah satu guru SMK PGRI 2 Ponorogo, Agus Pariadi.

Ia menjelaskan, diperlukan tabung berisi 10 liter air yang dicampur disinfektan dan didistribusikan melalui sprayer.

"Orang di dalam ruangan harus memutar. Tidak hanya memutar tapi juga mengangkat kedua tangan selama 10 detik," ujarnya.

"Alat ini baru kami buat Jumat (20/3) kemarin. Karena hari ini ada rapat dinas kita antisipasi dengan seperti ini," imbuhnya.

Kepala Sekolah SMK PGRI 2, Samhudi Arif mengatakan pencegahan ini dilakukan supaya bisa menekan penyebaran virus corona.

"Kita kan tidak tahu, tamu yang datang ke sini dari mana saja. Jadi kita antisipasi," ujar Arif.

Untuk hand sanitizer karena langka di pasaran, ia mengaku para guru juga membuat sendiri. Sairan pembersih tangan tersebut menggunakan alkohol 85 persen, aloe vera serta cairan kimia lainnya sesuai standart WHO.

"Lebih baik mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona," pungkas Arif.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top