Jalan Kaki Dua Jam, Sampai di Trenggalek Pria ini Bobol Toko

jatimnow.com - Sebuah toko di Pasar Durenan, Trenggalek dibobol pencuri. Sejumlah barang dagangan, handphone, perhiasan emas hingga uang tunai raib. Pelaku ditangkap sepekan setelah menjalankan aksinya.

Penangkapan itu dilakukan Tim Satreskrim Polres Trenggalek dipimpin Kasatreskrim Iptu Bima Sakti. Pelaku berinisial DDS (33), warga Dusun/Desa Gombang, Kecamatan Pake, Kabupaten Tulungagung itu ditangkap di Temanggung, Jawa Tengah.

"Setelah membobol toko, pelaku kabur ke beberapa kota mulai dari Surabaya, Semarang hingga Temanggung," kata Bima, Kamis (12/3/2020).

Pelaku teridentifikasi setelah Bima dan timnya melakukan identifikasi dan olah TKP di lokasi kejadian, usai mendapat laporan korban 4 Februari 2020. Toko yang dibobol itu adalah milik Katmini, warga Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

"Pelaku sudah memantau dan mengamati aktivitas di toko yang disasarnya itu jauh-jauh hari, untuk memastikan cara beraksinya," terang Alumni AKPOL Tahun 2013 ini.

Untuk menuju sasaran, pelaku jalan kaki sekitar dua jam. Sampai di lokasi, pelaku tidak langsung melakukan aksinya, melainkan menunggu kondisi pasar benar-benar sepi. Sekitar pukul 01.00 Wib, pelaku mencongkel engsel gembok pada pintu toko menggunakan obeng yang sudah ia siapkan.

Setelah berhasil masuk, pelaku mengambil HP Realme yang tersimpan di laci toko. Ia juga membuka kaleng biscuit yang di dalamnya terdapat dompet berisi sebuah gelang emas dan uang tunai Rp 3,8 juta.

"Pelaku juga mengambil semua rokok yang ada di etalase toko itu," beber Bima.

Mantan Kanit Resmob Polrestabes Surabaya ini menambahkan, setelah menguras barang dalam toko itu, pelaku kemudian jalan kaki menuju Terminal Trenggalek untuk naik bus dengan tujuan Surabaya.

"Selama sepekan pelarian, pelaku berpindah-pindah tempat persembunyian dan akhirnya kami tangkap saat bersembunyi di Temanggung, Jawa Tengah," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku baru beraksi sekali itu. Pelaku juga mengaku sendirian membobol toko tersebut. Namun keterangan pelaku masih terus didalami dan dikembangkan.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top