Viral Pemotor Hadang Bus Lawan Arus di Gresik

jatimnow.com - Aksi heroik dilakukan seorang pemotor menghadang sebuah bus Jurusan Bojonegoro-Bungurasih, Surabaya yang melawan arus saat terjadi kemacetan, di Gresik, viral di media sosial, Selasa (25/2/2020). Pemuda itu bernama Hariadi Eko (28), asal Lamongan.

Kapolsek Duduk Sampeyan AKP I Made Jatinegara, kejadian tersebut berawal ketika sebuah truk tronton pengangkut balok kayu dari arah Lamongan menuju Gresik mengalami gangguan mesin dan mogok di Jalan Raya Duduk Sampeyan, Gresik.

Akibat macet, bus bernopol S 7631 UA tak sabar dan keluar jalur, kemudian melaju melawan arus. Di saat bersamaan, Adi-panggilan akrab Hariadi Eko, yang pagi itu hendak pulang seusai masuk kerja shift 3, posisinya berada di jalur berlawanan dengan bus.

"Begitu melihat bus itu melaju, saya langsung berhenti dan memarkir sepeda motor saya," ucap Adi saat dihubungi jatimnow.com, Selasa (25/2/2020) malam.

Salah satu pekerja di perusahaan di Manyar, Gresik itu menjelaskan, bus itu sempat tak mau mengalah. Namun karena Adi kukuh untuk mempertahankan posisinya, maka bus itu berlahan mundur.

"Sebelumnya ada minibus pariwisata yang lebih dulu menerobos melawan arus. Lajunya lebih kencang dan hampir menabrak saya. Karena itu, begitu ada bus yang menerobos lagi, spontan saya hadang," jelas Adi.

Ternyata aksi heroik yang dilakukan oleh Adi ini direkam oleh salah satu netizen dan diunggah di salah satu grup Facebook hingga aksinya itu viral.

"Ada dua orang yang berada di belakang saya. Mungkin salah satu dari mereka yang memotret saya," imbuh Adi.

Terpisah, Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra menyebut, apa yang dilakukan oleh sopir bus adalah pelanggaran yang berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

"Sudah saya perintahkan anggota bila menjumpai kasus seperti ini untuk menindak tegas. Dan bagi pengendara yang melanggar akan kita cabut SIM-nya," tegas Erika.

Sedang bagi pengendara yang menghadang bus, Erika tetap memberikan apresiasi karena punya kepedulian mengingatkan terhadap semua pengguna jalan termasuk sopir bus yang melanggar.

"Meski begitu pengendara yang mengingatkan harus tetap dalam koridor menjaga keselamatan dirinya sendiri dan pengguna jalan lainnya," tandas Erika.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top