Ribuan Bibit Vetiver Ditanam di Lereng Gunung Argopuro

jatimnow.com - Cegah terjadinya longsor di Kabupaten Probolinggo, ratusan personel TNI-Polisi dan warga melakukan penanaman bibit rumput akar wangi atau vetiver di lereng Gunung Argopuro tepatnya di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Senin (24/2/2020).

Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo mengatakan penanaman bibit rumput vetiver tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Panglima TNI.

"Tujuannya penanaman vetiver agar bisa mengurangi dampak terjadinya bencana alam longsor dan banjir," katanya.

Dipilihnya rumput tersebut selain karena memiliki akar yang kuat, vetiver tersebut mampu menahan erosi dari gerusan air.

"Untuk di Tebing Bremi kita melakukan penanaman rumput vetiver sebanyak 2000 batang, nanti akan diperluas penanamannya ke daerah dataran tinggi yang lain termasuk di wilayah Kecamatan Sumber dan Sukapura," tegasnya.

"Usia rumput ini dapat bertahan 5-10 tahun dan sudah banyak ditanam di wilayah negara lain di Asia dalam penanggulangan bencana alam longsor dan banjir," imbuhnya.

Kegiatan penanaman tersebut dihadiri Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan dan Wakil Bupati Probolinggo, Ahmad Timbul Prihanjiko, Perhutani dan sejumlah dinas terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo serta pelajar dan masyarakat.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top