Dalang ini Tampilkan Wayang Doraemon hingga SpongeBob di Gresik

jatimnow.com - Ketua Persatuan Dalang Indonesia Gresik Ki Puguh Prasetyo menggelar pertunjukan wayang Jawa Timuran dengan lakon Pendowo Limo di Hotel Horison GKB Gresik.

Menurut Puguh, lakon Pendowo Limo yang dimulai pukul 20.00 Wib, Sabtu (18/1/2020) itu memiliki pesan bahwa kejahatan akan selalu kalah dengan kebaikan. Hal itu tercermin dari kemenangan Pandawa Lima dari seteru abadinya Kurawa yang menjadi simbol kejahatan.

Dan untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan atau puncak kejayaan, dituntut kerja keras dan doa.

"Pandawa Lima telah memberikan inspirasi kepada kita agar tidak menjadi pribadi yang mudah putus asa. Berani bersikap tegas kepada kebenaran serta selalu berbuat kebaikan dengan landasan ikhlas," ujar Puguh, usai pertunjukan.

Pertunjukan wayang didukung Sinden Retno Ayu Mayangsari serta penabuh gamelan dari Sanggar Traju WeningPertunjukan wayang didukung Sinden Retno Ayu Mayangsari serta penabuh gamelan dari Sanggar Traju Wening

Puguh menambahkan, durasi pertunjukan wayang kali ini sengaja dipadatkan menjadi 1,5 jam karena sasaran pertunjukan adalah anak-anak. Bahkan untuk menarik minat mereka, Puguh menyisipkan figur-figur kartun yang populer bagi anak-anak seperti Dora, Doraemon hingga SpongeBob.

"Kalau figur kartun fungsinya hanya sebagai variasi saja supaya anak-anak tidak jenuh selama pertunjukan. Anggap saja itu sebagai bintang tamu," tambah Puguh.

Pertunjukan wayang ini juga didukung oleh Sinden Retno Ayu Mayangsari serta penabuh gamelan dari Sanggar Traju Wening yang mayoritas usianya masih remaja.

Sebagai penutup rangkaian acara, digelar pameran tunggal lukisan karya Ariel Ramadhan yang berjudul Pinisi And The Other Ships yang digelar sejak 4 Januari 2020.

"Kami berharap generasi milenial bisa menggemari wayang sebagai salah satu warisan luhur nenek moyang," sambung Ketua Penyelenggara, Arik S. Wartono.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top