jatimnow alexametrics

Struktur Batu Bata Kuno Kembali Ditemukan di Jombang

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Achmad Supriyadi
Struktur batu bata kuno kembali ditemukan di Jombang
Struktur batu bata kuno kembali ditemukan di Jombang

jatimnow.com - Struktur batu bata kuno kembali ditemukan di Dusun Kedaton, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Penemuan struktur bata ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi batu bata kuno yang sebelumnya ditemukan pada Selasa (25/6/2019) lalu.

Baca juga: Gali Tanah, Warga Temukan Situs Kerajaan Majapahit di Jombang

Penemuan batu bata kuno ini berada di tempat bekas penambangan tanah di lahan H Sabar dan Ali. Struktur batu tersusun 25 susunan bata dan nampak seperti tembok atau dinding yang terbentang dari selatan ke utara.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan penemuan struktur batu bata kuno ini diperkirakan menyambung dengan struktur batu bata yang ditemukan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

"Perkiraan kami, dua struktur ini tersambung. Ini kan di wilayah perbatasan Dusun Kedaton dan Sugihwaras," kata Wicaksono, Selasa (26/11/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Batu yang ditemukan memiliki panjang 32 sentimeter lebar sekitar 18 hingga 21 sentimeter dan tebal 5 sentimeter. Ditemukan pula pecahan genteng dan kendi.

Wicaksono menambahkan, melihat ukuran bata dan serpihan yang ditemukan diperkirakan pemukiman pada masa kerajaan Majapahit.

"Kepastiannya ini bangunan apa, kami belum memastikannya. Mungkin ini pemukiman pada abad 14 Masehi. Kami akan buat laporan hasil observasi untuk langkah ekskavasi," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg