jatimnow alexametrics

Puluhan Mahasiswa Unej Diajak Berlatih Tangani Bencana

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Hafiluddin Ahmad
Puluhan Mahasiswa Unej diajak berlatih tangani bencana oleh Basarnas Jember
Puluhan Mahasiswa Unej diajak berlatih tangani bencana oleh Basarnas Jember

jatimnow.com - Tim Pos SAR atau Basarnas Jember melatih puluhan mahasiswa dan relawan Universitas Jember (Unej) tentang teknik dasar SAR dan prosedur evakuasi korban bencana.

Koordinator Pos SAR Jember Asnawi mengatakan, selain memberikan pelatihan, Tim Rescuer Pos SAR Jember juga mengenalkan instansi Basarnas. Menurutnya, pelatihan tersebut penting agar masyarakat mengetahui proses penanganan pada kebencanaan.

"Setiap orang harus sadar akan pentingnya teknik pertolongan yang benar terhadap korban, karena musibah bisa saja terjadi kepada orang yang berada di sekeliling kita. Dan bila itu terjadi, kita harus sigap dengan teknik pertolongan yang benar," terang Asnawi, Minggu (24/11/2019).

Bertempat di Pendopo Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unej, peserta tidak hanya menerima materi, tetapi juga dilibatkan dalam simulasi pertolongan korban.

Contohnya, lanjut Asnawi, dengan berperan aktif para peserta secara bergantian mempraktikkan teknik pemindahan korban. Seperti teknik penarikan maupun pengangkatan korban musibah yang benar.

"Meskipun terlihat sepele, tetapi pemindahan korban tidak bisa dianggap remeh. Oleh sebab itu, kita meminta peserta untuk langsung mempraktikkan dengan peserta lain," tambah Asnawi.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg