Suroan di Air Terjun Madakaripura: Ritual Sinden hingga 7 Gending Jawa

jatimnow.com - Warga Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo menggelar Tradisi Suroan di area Air Terjun Madakaripura, yang dipercaya masyarakat setempat sebagai lokasi yang sangat sakral.

Konon, Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada, yang dikenal sakti madraguna dan sumpah palapa-nya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyono menyatakan, tradisi ini dikenal dengan sebutan Suroan yang digelar warga di daerah kawasan Air Terjun Madakaripura.

Selain memanjatkan doa kepada Tuhan Maha Kuasa, warga juga melaksanakan Ritual Sinden dengan menyanyikan tujuh gending atau lagu dengan iringan musik gamelan.

"Itu sebagai wujud syukur warga di sana. Karena dengan adanya air terjun warga di kawasan Madakaripura bisa hidup makmur. Sebab air tersebut digunakan untuk kehidupan sehari-hari, mengairi sawah dan ladang mereka," ungkap Sugeng, Selasa (3/9/2019).

Dalam ritual tersebut, sejumlah warga membawa berbagai macam sesajen, mulai dari makanan dan minuman.

Sugeng menambahkan, dengan tradisi tersebut, kelestrian Wisata Air Terjun Madakaripura diharapkan akan bisa terjaga.

"Ke depannya, kami akan membenahi sejumlah fasilitas di sana, termasuk para PKL. Sehingga Wisata Air Terjun Madakaripura ini bisa tambah dikenal wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," tuturnya.

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top