100 Lebih Penumpang KM Santika Nusantara yang Terbakar Dievakuasi

jatimnow.com - Jumlah penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di Perairan Masalembu, Sumenep, Madura ternyata di atas 111 orang seperti yang disebut sebelumnya. Sebab data terkini, sebanyak 134 orang penumpang berhasil dievakuasi.

Humas Basarnas Surabaya Tholib Valatehan menyebut, hingga pukul 13.32 Wib, Jumat (23/8/2019), masih dilakukan penggalian informasi untuk memastikan jumlah penumpang dan ABK KM Santika Nusantara.

"Sebab masih ada kesimpangsiuran informasi, sehingga kami belum bisa memberikan informasi kepastian jumlah total penumpang KM Santika Nusantara," terangnya.

Baca juga:  KM Santika Nusantara Berpenumpang 111 Orang Terbakar di Masalembu

Namun, sekitar pukul 12.43 Wib, Basarnas Surabaya memperoleh informasi bahwa 11 orang penumpang yang semula berada di TB Bintang Mutiara dipindahkan ke KM Dharma Fery 7. Sehingga KM Spill Citra mengevakuasi 23 orang dan KM Dharma Fery 7 mengevakuasi 66 orang.

"Sebanyak 54 orang dievakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan saat ini berada di Pulau Masalembu," jelas Tholib.

"Sehingga ada 143 orang penumpang KM Santika Nusantara yang berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan menuju ke Surabaya," tambahnya.

Sebelumnya, informasi awal yang masuk ke Tim Basarnas, kapal dengan rute Surabaya-Balikpapan itu membawa 111 penumpang dan 84 unit kendaraan berbagai jenis. Kapal ini terbakar sekitar pukul 20.45 Wib, Kamis (22/8/2019).

Terpisah, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad di Jakarta menyebut, api yang membakar KM Santika Nusantara tersebut berhasil dipadamkan dan yang tersisa asap saja. Mesin kapal juga sudah dimatikan total.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top