Ini Kronologi dan Dugaan Penyebab Terbakarnya Bus di Tol Sidoarjo

jatimnow.com - Bangkai Bus Akas bernopol N 7046 US yang terbakar di Gate Tol Sidoarjo 2 telah dievakuasi. Selain memastikan tidak ada korban luka dan jiwa, Sat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim mengungkap dugaan pemicu kebakaran tersebut.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang S Wibowo menyebut, untuk memadamkan api, dua unit mobil PMK didatangkan. Bus dengan trayek Surabaya-Probolinggo itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 setelah terbakar sekitar pukul 11.00 Wib.

Baca juga:  Bus Terbakar, Gate Tol Sidoarjo 2 Arah Porong Sempat Ditutup

"Saat bus terbakar, kami terpaksa menutup jalur tol, karena khawatir meledak. Setelah api padam, kami membuka satu lajur untuk mengurai arus lalu lintas yang macet," jelas Bambang.

Menurut Bambang, 11 penumpang yang saat itu berada di dalam bus, berhasil keluar sehingga semuanya selamat. Bus itu dikemudikan Suprapto Raharji (45), warga Jalan Serma Abd. Rahman, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo dengan kernet bernama Yoyok Misharianyo (50), warga Kecamatam Candiputo, Kabupaten Lumajang.

Proses pemadaman bus yang terbakar di Gate Tol Sidoarjo 2

"Para penumpang bus yang tertahan telah diangkut ke tempat tujuan dengan bus pengganti," tambah Alumnus AKPOL tahun 1999 ini.

Bambang membeberkan, Bus AKAS itu melaju dari Tol Waru ke arah Porong. Sampai di Gate Tol Sidoarjo 2 atau 50 meter dari gerbang tol, kondektur bus melihat kepulan asap pada bagian blower air conditioner (AC) yang terletak di atas bus.

"Ia memberitahu pengemudi agar menepikan busnya. Setelah itu seluruh penumpang turun dan menjauh dari bus karena api semakin besar," terang Bambang.

Karena cuaca dalam keadaan panas serta angin, kobaran api melumat semua bagian bus hingga tinggal rangka. Tidak hanya itu, STNK dan Buku KIR bus ikut terbakar.

"Kebakaran diduga terjadi akibat konsleting dari unit AC di atap bus. Keterangan pengemudi, servis AC terakhir bulan Juni.

Pengaturan dan penguraian arus lalu lintas yang sempat menumpuk dilakukan Kanit 2 PJR AKP Amar dan anggotanya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top