jatimnow alexametrics

Diguyur Hujan Deras, 2 Rumah di Tulungagung Tertimpa Longsoran Tanah

Reporter : Erwin Yohanes Bramanta Pamungkas
Rumah yang terdampak longsor
Rumah yang terdampak longsor

jatimnow.com - Hujan deras yang mengguyur semalam, membuat tebing setinggi 6 meter di Desa Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, longsor dan menimpa 2 rumah.

Tembok bagian belakang rumah milik Kaslan (64) dan Sinto (60) jebol terkena runtuhan material longsor.

Hingga saat ini warga sekitar masih belum berani membersihkan material longsor. Kondisi tanah yang masih labil bisa menyebabkan terjadinya longsor susulan.

Salah seorang pemilik rumah, Kaslan menuturkan, peristiwa longsor ini terjadi dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Saat kejadian mereka sudah berada di luar rumah karena khawatir akan terjadi longsor.

Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak sore, membuat mereka memilih untuk tidak berada di dalam rumah.

"Ini sudah kedua kalinya, sebelumnya tahun 2014 lalu juga pernah terkena longsor, tapi ini yang paling parah," ujarnya, Jumat (30/11/2018).

Untuk sementara waktu. Kaslan bersama keluarga berencana untuk mengungsi di rumah salah seorang keluarganya. Mereka khawatir longsor susulan akan terjadi, dan semakin memperparah kondisi rumah.

Kaslan juga berharap pemerintah bisa segera memberikan bantuan, dan melakukan pembersihan material saat tanah sudah tidak labil. "Kalau malam kita akan tidur di rumah saudara saja," tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa setempat, Adi Setyono menjelaskan, wilayah ini merupakan salah satu kawasan rawan bencana longsor, saat musim hujan tiba.

Struktur tanah yang kurang kuat menyebabkan longsor mudah terjadi, terutama saat hujan deras.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Pihak Desa sendiri berencana akan melakukan gotong royong membersihkan material longsor, saat kondisi tanah sudah stabil. "Ini tanah masih terus bergerak sehingga rawan longsor susulan.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg