jatimnow alexametrics

Diguyur Hujan Seharian, Rumah Janda di Ponorogo Roboh

Reporter : Erwin Yohanes Mita Kusuma
Petugas gabungan membantu perbaikan rumah milik Miswati yang roboh akibat guyuran hujan
Petugas gabungan membantu perbaikan rumah milik Miswati yang roboh akibat guyuran hujan
jatimnow.com - Hujan yang mengguyur seharian pada Selasa (27/11/2018) kemarin, mengakibatkan satu rumah di kawasan Jalan Merbabu, Kelurahan Nologaten, Kecamatan /Kabupaten Ponorogo roboh. 
 
Robohnya rumah yang ditempati oleh seorang janda, Miswati, akibat tidak kuatnya penyangga rumah menampung air hujan yang mendera kota Reog tersebut. Beruntung, tidak ada korban jiwa dengan adanya kejadian rumah roboh tersebut.
 
Saat ditemui jatimnow.cow, Rabu (28/11/2018), Miswati (56) sang pemilik rumah menceritakan robohnya bangunan belakang bangunan terjadi saat tengah malam.
 
"Waktu itu saya tertidur dan langsung terbangun, saat mendengar suara keras seperti pohon yang tumbang. Namun, yang saya ingat kan tidak ada pohon disekeliling rumah. Saat saya tengok, ternyata malah rumah bagian belakang yaitu kamar mandi dan dapur sudah rata dengan tanah," jelasnya. 
 
Dengan kejadian ini, warga yang berdatangan dibantu TNI/Polri dan BPD Ponorogo bahu membahu membantu Miswati untuk mengungsi ke rumah tetangganya. Mereka bersama-sama mengevakuasi barang-barang Miswati yang bisa diselamatkan. 
 
Ia melanjutkan, seharian hujan yang turun sebenarnya tidak terlalu deras. Namun karena kondisi rumahnya yang sudah tua dan telah lapuk membuat bangunan belakang tidak kuat menahan hujan walaupun tidak deras.  
 
"Memang rumah sudah tua dan selama sembilan tahun saya menjanda tidak pernah dapat bantuan. Ya rumah tidak pernah saya perbaiki,” urainya.
 
Hingga kini dirinya mengaku masih merasa was-was. Pasalnya bagian rumah yang lain juga retak-retak. Ia memilih mengungsi di rumah saudara jauhnya.
 
Lurah Nologaten, Julaida Karyawati membenarkan jika di lokasi dari siang sampai malam turun hujan walau intensitasnya rendah. “Kemungkinan tidak kuat, kalau lihat dari bangunannya sudah memang tidak layak. Saat ini kami kerja bakti untuk melakukan perbaikan agar dapat ditempati kembali,” ujarnya sambil diamini Kapolsek Ponorogo, AKP Lilik Sulastri. 
 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg