jatimnow alexametrics

Bupati Anas Tinjau Empat Daerah Terdampak Banjir

Reporter : Erwin Yohanes Hafiluddin Ahmad
Bupati Anas saat meninjau aliran Sungai Badeng
Bupati Anas saat meninjau aliran Sungai Badeng

jatimnow.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau empat kawasan yang terpapar banjir pada Minggu (25/11/2018) kemarin.

Empat kawasan tersebut yaitu Desa Gladag dan Desa Bubuk Kecamatan Rogojampi, Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh, dan Desa Jelun Licin.

Mengetahui ada informasi banjir pihaknya memerintahkan BPBD, Dinas PU Pengairan, PU Bina Marga, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan hingga aparat Kecamatan untuk turun ke masing-masing lokasi.

"Intinya, semuanya bergotong royong dan bekerja maksimal, bekerja cepat, untuk memulihkan situasi," papar Anas.

Dari 4 daerah itu, tiga desa diantaranya terdampak banjir dan merupakan daerah yang dilewati aliran Sungai Badeng. 80 rumah sempat terendam lumpur. Namun, hanya dua yang mengalami rusak sedang.

"Sebagian besar kemasukan air dan pasir. Dan semalam, air juga langsung menyusut. Alhamdulillah, hari ini aktivitas warga sudah berjalan normal," kata Anas.  

"Keluarga yang terdampak telah diungsikan, dibuatkan bangunan menempati tanah kas desa," kata Anas.

Adapun, sebagai langkah antisipatif luapan banjir, Anas berpesan untuk memperhatikan tata ruang wilayah khususnya di dataran tinggi.

"Tata ruang, khususnya di kawasan dataran tinggi harus terus dijaga. Begitu juga dengan bangunan di sempadan sungai, harus ditata. Jangan berikan izin membangun di sempadan sungai," kata Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo menjelaskan, selain mendatangkan alat berat berupa excavator, pihaknya juga melakukan pengerukan sedimen di sekitar jembatan Dusun Garit Desa Alasmalang.

"Untuk jembatan di Alasmalang telah kami bangun parapet (dinding penahan luapan air sungai) yang berlanjut hingga saat ini. Jembatan di Desa Gladag juga menyusul dibangun parapet," kata Guntur.

Nantinya, jembatan yang dilalui aliran Sungai Badeng dan jembatan di Desa Gladag akan direkonstruksi. Disesuaikan dengan lebar sungai.

Selain itu, untuk rekonstruksi jembatan juga mempertimbangkan ketinggiannya dari sungai, sehingga tidak menghambat laju air.

Langkah lainnya, pihaknya juga menempatkan alat berat untuk berjaga-jaga bila air sungai meluap membawa material banjir.

"Jembatan Alasmalang yang dalam otoritas Pemprov Jatim, rencananya tahun 2019 juga segera direkonstruksi," paparnya.

Bupati Anas juga meninjau pembersihan material pasir dan batu yang meluber ke jembatan Sungai Secawan di Desa Jelun, Kecamatan Licin.

Intensitas hujan yang tinggi di kawasan tersebut, menyebabkan jalan utama menuju kawasan Paltuding Ijen tertutup material tanah dan batu-batuan.

"Warga bersama aparat langsung gotong royong membersihkan jalanan di sekitar jembatan. Saat ini sudah normal dilewati kendaraan," kata Camat Licin, Hartono


jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif