jatimnow alexametrics

Pemkot Blitar Siapkan Rp60 M untuk Program Sekolah Gratis

Reporter : Erwin Yohanes CF Glorian
Ilustrasi siswa sedang belajar
Ilustrasi siswa sedang belajar

jatimnow.com - Pada 2019 nanti, program sekolah gratis yang telah dicetuskan oleh Wali Kota Blitar non Aktif Samanhudi Anwar bakal dilanjutkan.

Anggaran sebesar Rp60 miliar rupiah telah disiapkan pemerintah dibidang pendidikan.

Anggaran tersebut sudah diajukan pemerintah melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019.

"Tapi anggaran ini bukan hanya sekolah gratis saja. Tapi juga akan dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin, Senin (12/11/2018).

Pada RAPBD 2019, pos bidang pendidikan dan kesehatan masih mendapat porsi alokasi anggaran paling tinggi. Sebab, sesuai amanat perundang-undangan 20 persen anggaran dialokasikan untuk bidang pendidikan.

Anggaran Rp60 M tersebut, lanjut Dindin, tidak hanya untuk penyelenggaraan sekolah gratis. Pembangunan sarana dan prasarana sekolah juga masuk di dalamnya. Salah satunya lanjutan pembangunan gedung SMPN 3 Blitar.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Untuk melanjutkan pembangunan gedung SMPN 3 Blitar di Kelurahan Tanggung, Kepanjen Kidul, pemerintah mengalokasikan sedikitnya Rp23 M. Sedangkan untuk sepeda gratis, tidak ada alokasi untuk tahun 2019.

"Kalau sepeda gratis sudah semuanya, kalau gedung SMPN 3 Blitar alokasi ya sama dengan perencanaan awal sekitar Rp23 M, ungkap Dindin.

Sementara itu, pembangunan SMPN 3 Blitar begitu harus segera diselesaikan. Awalnya pembangunan gedung SMPN 3 Blitar bakal dilakukan tahun 2018, namun permasalahan dengan KPK membuat gedung pembangunan gedung sekolah ini terganggu.

"Anggaran ini sudah disiapkan dan harus digunakan jangan sampai mubazir," imbuh Wakil Wali kota Blitar, Santoso.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg