jatimnow alexametrics

PDAM Kota Blitar Dapat Bantuan Rp30 Miliar dari Bank Dunia

Reporter : Erwin Yohanes CF Glorian
Ilustrasi tandon air milik PDAM di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar
Ilustrasi tandon air milik PDAM di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar

jatimnow.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Blitar mendapatkan bantuan dana perbaikan infrastruktur dari Bank Dunia sebesar Rp 30 miliar.

Anggaran sebesar Rp30 miliar tersebut akan digunakan untuk beberapa perawatan mulai dari penggantian pipa, perbaikan tandon dan pompa air. Rencananya anggaran tersebut akan direalisasikan pada 2019 mendatang.

"Selain untuk infrastruktur pipa, anggaran itu juga untuk menata jaringan PDAM pakai sistem zoning per wilayah," kata Pjs Direktur PDAM Kota Blitar, Joni Sumarsono, Rabu (07/11/2018).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Joni mengakui, usia pipa yang sudah usang membuat aliran air tersumbat dan akhirnya mengganggu para pelanggan. Selain Kota Blitar, dua daerah lain di Jawa Timur meliputi Ponorogo dan Lamongan juga menerima bantuan tersebut.

Pada 2017 lalu, PDAM juga telah mendapatkan anggaran Rp6 miliar dari pemerintah pusat untuk perbaikan jaringan pipa dibeberapa titik. Ukuran pipa juga diperbesar dari yang sebelumnya 6 dim menjadi 8 dim.

Selain ukuran, proyek yang selesai dikerjakan tahun 2017 tersebut juga mengganti jenis pipa. Dari yang sebelumnya jenis ACP diganti jenis PPC, sebab jenis ACP yang berasal dari semen membuat kerak pipa menebar dan menyumbat aliran air.

Dengan adanya bantuan ini ia berharap permasalahan aliran air yang sering tersumbat bisa teratasi.

"Ya harapannya supaya tidak ada lagi komplain dan yang pasti kualitas air juga akan lebih bagus," pungkas Joni.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif