jatimnow alexametrics

Rokok Rambah Dunia Anak, KPAI Desak Pengesahan RUU Periklanan

Reporter : Erwin Yohanes Irul Hamdani
Viral video bocah perokok yang disoroti oleh KPAI
Viral video bocah perokok yang disoroti oleh KPAI

jatimnow.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak pemerintah dan DPR untuk mengesahkan rancangan Undang-Undang (RUU) Periklanan. Hal itu dianggap penting mengingat rokok sudah merambah dunia anak.

Komisioner KPAI, Jasra Putra mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan pada anak-anak yang kecanduan merokok atau perokok pemula, mereka rata-rata tahu tentang rokok karena melihat iklan yang ditayangkan melalui media massa.

"Maka kita desak pemerintah dan DPR segera mengesahkan RUU ini, dengan nafasnya tentu adalah zero iklan rokok. Itu kira-kira," katanya kepada jatimnow.com, Rabu (7/11/2018).

Desakan ini disampaikan juga untuk merespon beredarnya video bocah yang merokok sambil minum kopi yang beredar berantai di grup WhatsApp. Juga, sejumlah kasus serupa yang sudah dan masih dalam pendampingan KPAI.

Selain itu, menurut Jasra, pengesahan RUU Periklanan juga mendesak karena Indonesia terkenal dengan baby smoker (perokok pemula) se Asia Tenggara.

"Ini membahayakan tumbuh kembang anak kita, yang sejak awal dicekoki oleh asap-asap rokok yang telah tentu mempengaruhi kesehatannya," pungkasnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif