jatimnow alexametrics

Menikmati Rujak Cingur Delta, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Editor : Arina Pramudita
Rujak Cingur Delta sejak 1988, salah satu kuliner legenda di Surabaya. (Foto: Safrial Anggra W/jatimnow.com)
Rujak Cingur Delta sejak 1988, salah satu kuliner legenda di Surabaya. (Foto: Safrial Anggra W/jatimnow.com)

Surabaya - Pamor rujak cingur asli Surabaya tidak pernah diragukan penikmatnya. Warisan budaya tak benda ini memikat banyak lidah pewisata di Kota Pahlawan.

Rujak adalah makanan berbumbu pekat berbahan dasar petis. Isiannya terdiri dari aneka sayuran dan protein. Sementara cingur berarti mulut sapi. Meski terdengar menyeramkan, kuliner nusantara ini digandrungi banyak kalangan.

Salah satunya Rujak Cingur Delta di Jalan Kayoon no 46, Embong Kemiri, Surabaya. Termasuk dalam jajaran legenda rujak di Surabaya karena berdiri sejak 1988 oleh Bu Yuono.

Rujak Cingur Delta, disajikan lengkap dengan sayuran kukus, irisan tahu dan tempe goreng. Tak lupa cingur sebagai bintang utamanya.

Penanggung jawab Rujak Cingur Delta, Marwan mengatakan, pembuatan rujak cingur Bu Yuono memiliki ciri khas di bumbu petisnya. Petis yang dipilih merupakan petis kualitas wahid yang diambil langsung dari Sidoarjo. Sementara cingur, dibeli dari pasar sekitar.

"Semua bahan, kami dapatkan dari pasar sekitar, kecuali petis yang kita pakai diambil dari Sidoarjo karena kualitas dan rasanya lebih bagus,” ujarnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Penyuka cita rasa pedas, wajib mencicipi Rujak Cingur Delta. Seporsi dibanderol Rp 38.500, sudah termasuk pajak resto.

Bagi penyuka kuliner lainnya khas Surabaya, di sini juga terdesia varian lainnya seperti rujak tolet dan rujak gobek. Rujak tolet merupakan rujak buah berbumbu petis dengan tambahan kecap manis. Sedangkan rujak gobek adalah rujak buah yang diserut dipadu legit gurihnya gula merah.

Bagi yang ingin menikmati sensasi makan rujak langsung di Rujak Cingur Delta Surabaya, bisa berkunjung mulai jam 9 pagi sampai jam 7 malam.

Yang penasaran dengan Rujak Cingur Delta namun merasa terlalu jauh dari kawasan Jalan Kayoon, jangan khawatir. Tempat makan ini sudah membuka empat cabang di Surabaya.

"Tidak hanya di Jalan Kayoon ini, kami juga telah membuka cabang di beberapa tempat di Surabaya, yaitu di Delta Plaza mall, ITC, Jalan Kayu Manis MERR dan Jalan Jemur Sari," pungkas Marwan.

Salah satu pelanggan, Farhan Dwi Tunggal menyebut sajian Rujak Cingur Delta sebagai salah satu yang nikmat di Surabaya. Selain rasanya yang enak, porsi menu ini juga cukup besar.

“Enak, bumbunya petisnya terasa. Kita juga bisa memesan pedas yang kita inginkan. Isinya juga banyak, dan kalau menurut saya ini porsinya juga banyak,” ujarnya.

Reporter: Safrial Anggra W

Rujak Cingur Delta sejak 1988 di Surabaya. (Foto: Safrial Anggra W/jatimnow.com)Rujak Cingur Delta sejak 1988 di Surabaya. (Foto: Safrial Anggra W/jatimnow.com)

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif