jatimnow alexametrics

Genjot Kebangkitan Ekonomi Kabupaten Mojokerto Melalui MajaFest 2021

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
MajaFest 2021 Kabupaten Mojokerto
MajaFest 2021 Kabupaten Mojokerto

Mojokerto - Kabupaten Mojokerto menggelar kegiatan MajaFest 2021 untuk mendongkrak ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

Event ini digelar mulai 28 Oktober hingga 10 November 2021 di Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Trowulan, Batankrajan, Ubaya Training Center sampai Kecamatan Trawas sebagai lokasi yang dipusastkan untuk pengembangan kopi Trawas.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/hotel-sahid-surabaya-2222-best-wedding-dates.jpg

Dalam event ini dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti Fashion Show Tematik (Under Sunset), Kompetisi Kopi, Business Matching, Awarding Night, serta Pemilihan Puteri Cokelat dan Duta Batik Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, agenda perdana yang dilangsungkan di tahun ini tidak terlepas dari bagaimana latar belakang Kabupaten Mojokerto yang memiliki sejuta potensi pariwisata, yang mana sejarah dan budaya lahir serta besar karena Majapahit pada masanya.

"Sehingga Majafest 2021 hadir sebagai wadah untuk mengenalkan serta mempromosikan hal tersebut. Tak terkecuali para pelaku ekonomi kreatif pemuda yang diwakili oleh Duta Wisata Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto yang juga akan turut meramaikan rangkaian agenda tersebut," kata Ikfina.

Menurut Ikfina, pelaksanaan agenda di atas juga berkaitan dengan seni yang melekat. Oleh karena itu, bukan hanya sebagai ajang promosi wisata, tapi juga mengenalkan seni daerah yang ada di Kabupaten Mojokerto itu sendiri.

"Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh sektor pariwisata yung meliputi ekonomi kreatif, seni budaya dan juga promosi tempat wisata, yang mana juga berfokus untuk mengapresiasi para pelaku UMKM yang selama ini sudah berjuang untuk menuangkan ide gagasannya dalam bentuk karya seni yang luar biasa bercorak ke-Majapahitan," jelas Ikfina.

Ikfina menambahkan, hal ini harusnya bisa menjadi pemicu semangat bagi seluruh pihak yang terlibat, begitupun media yang seyogyanya bisa antusias untuk menjadi bagian dan pengembangan serta kebangkitan berbagai sektor di Kabupaten Mojokerto terutama kepariwisataan.

"Kegiatan fashion show tematik (Under Sunset) nantinya akan berkolaborasi dengan SMK Tata Busana yang ada di Mojokerto serta designer lokal untuk menampilkan karyanya di agenda tersebut," tutur dia.

"Jelajah Wisata berfokus pada promoter yakni influencer muda yang nantinya akan berkunjung ke beberapa lokasi ekonomi kreatif yang kemudian harapannya mereka bisa menyaksikan secara langsung bagaimana hasil karya pelaku UMKM sekitar yang ternyata juga keren, kemudian bisa di promosikan melalui akun sosial medianya," tambah Ikfina.

Pemilihan Puteri Cokelat dan Duta Batik, lanjut Ikfina, diharapkan bisa menjaring kaum muda yang begitu potensial dengan segala ide dan gagasannya yang kemudian bisa menjadi penggerak serta ikon dari hasil kekayaan Kabupaten Mojokerto ke kancah nasional ataupun internasional.

"Agenda awarding night sendiri, hadir dalam balutan malam puncak dari seluruh rangkain acara yang mana kegiatan ini berfokus pada apresiasi dan penghargaan kepada seluruh seniman dan pelaku UMKM yang telah mendedikasikan dirinya untuk membuat sebuah karya hebat yang tidak hanya diakui di daerah namun hingga nasional dan mancanegara," papar dia.

Menurutnya, hal tersebut juga sebagai bentuk rasa bangga Kabupaten Mojokerto, bahwa sebenarnya banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan serta dijual kepada khalayak ramai. Juga menunjukkan bahwa Kabupaten Mojokerto adalah wilayah yang kaya akan sumber budaya leluhur.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif