jatimnow alexametrics

Insinyur AS Didakwa Jual Informasi Rahasia Nuklir Melalui Sandwich

Editor : Arina Pramudita
Ilustrasi penjara (jatimnow.com)
Ilustrasi penjara (jatimnow.com)

jatimnow.com - Jonathan Toebbe, insinyur nuklir AS dan istrinya Diana, ditangkap di West Virginia pada hari Sabtu (9/10/2021), karena diduga mencoba menjual informasi rahasia kepada asing yang disembunyikan melalui sandwich selai kacang.

Informasi itu berkaitan dengan data desain kapal selam nuklir. Toebbe diketahui memiliki izin keamanan nasional. Keduanya kini didakwa berdasarkan Undang-undang Energi Atom negara setempat.

Departemen Kehakiman sebagaimana dilansir dari BBC News, Senin (11/10/2021) mengumumkan pada April 2020 Toebbe mengirimkan paket pada pemerintah asing berupa pesan rahasia terenkripsi, di mana dia menyebut bisa menjual lebih banyak data rahasia kepada seseorang yang dipikirnya mewakili negara lain dan ternyata adalah agen FBI yang menyamar.

Setelah beberapa bulan. Toebbe dan Diana membuat kesepakatan untuk menjual informasi rahasia tersebut dengan imbalan sekitar 100 ribu dolar.

Pada bulan Juni 2021, ia dan Diana melakukan perjalanan ke West Virginia untuk mengirimkan data yang dimaksud. Diana bertindak sebagai pengintai, sementara Toebbe menempatkan kartu SD yang disembunyikan di dalam sandwich selai kacang di lokasi sudah ditentukan.

Setelah agen mengumpulkan kartu, mereka mengirim pembayaran dan menerima kunci dekripsi untuk mengakses kartu SD. Di data terbatas tertulis "Terkait dengan reaktor nuklir bawah laut".

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Tak hanya sekali, Toebbe kemudian melakukan dead drop kedua pada bulan Agustus yang kali ini tersembunyi di dalam paket permen karet. Paket ini disebut memiliki lebih banyak data rahasia.

Agen FBI kemudian menangkap pasangan itu pada hari Sabtu pekan lalu saat dead drop ketiga. Toebbe dan Diana diagendakan menjalani sidang di Pengadilan Federal pada 12 Oktober 2021.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE