jatimnow alexametrics

Serunya Arung Jeram Bersama Keluarga di Hulu Sungai Welang Pasuruan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Moch Rois
Arung jeram di Sungai Welang Pasuruan
Arung jeram di Sungai Welang Pasuruan

jatimnow.com - Mendengar nama Sungai Welang di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan pasti sangat akrab dengan kata banjir.

Siapa sangka di area hulu sungai tersebut terdapat wahana olahraga rafting atau arung jeram yang cukup menantang dan disuguhi pemandangan alam yang indah dan alami.

Untuk menuju lokasi wisata olah raga air yang satu-satunya ada di Kabupaten Pasuruan ini pun cukup mudah karena dekat dengan akses jalan raya Surabaya-Malang. 

"Spot ini adalah satu-satunya wahana olah raga rafting di Kabupaten Pasuruan," jelas Buhajar, salah satu kru Baung Rafting, Sabtu (9/10/2021).

Ia menerangkan, rute arung jeram di Sungai Welang ini cukup variatif. Ada yang panjang rutenya sekitar 12 kilometer untuk para pehobi rafting dan ada yang 5 kilo untuk kategori pemula bersama keluarga.

"Untuk arung jeram yang sepanjang 5 kilometer ada 1 jeram dan lebih dari 10 turunan yang cukup menantang adrenalin bersama keluarga atau untuk pemula," ungkapnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Sedangkan untuk rute sepanjang 12 kilometer yang diberi nama Rute Kalpataru, tiga kali lipat lebih menantang. Terdapat lebih banyak turunan dan jeram, serta menuruni dam pintu air setinggi 4 meter.

"Yang paling menantang saat melewati jeram yang menyerupai huruf 'S'. Pasti perahu karet akan terbalik di turunan terakhir jika kurang ahli," ujarnya.

Meskipun begitu, para pengunjung tidak khawatir. Sebab, ada 1 orang pemandu dan 1 orang penolong di setiap perahu karet.

"Kami mengutamakan keselamatan pengunjung," lanjutnya.

Yang membuat unik, arung jeram di Sungai Welang menurut Buhajar adalah alamnya yang masih alami dan terjaga. Ditambah lagi batuan sungai yang eksotis menghiasi dinding sungai dan arus air yang derasnya standar.

"Di Sungai Welang ini, meski musim kemarau bisa dilakukan arung jeram. Untuk bulan-bulan yang paling seru melakukan arung jeram di Sungai Welang yakni saat musim penghujan. Antara Bulan Januari sampai Maret, karena debit air sedang tinggi-tingginya," terangnya.

Jika ingin mencoba spot wisata olah raga arung jeram itu, wisatawan akan dipandu oleh para pemuda desa yang mengatasnamakan Baung Rafting. Untuk titik kumpulnya berada di Cafe Kampung Tarzan, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Untuk tarif, para pengunjung yang memilih paket arung jeram 5 kilometer akan dikenakan biaya Rp 200 ribu per orang, dengan durasi 2 jam. Sedangkan untuk rafting yang sejauh 12 kilo dikenakan tarif Rp 275 ribu per orang dengan durasi waktu tempuh lebih lama.

"Untuk setiap boking minimal 4 orang. Saat ramai-ramainya pengunjung pada bulan 1 sampai 3, waktu boking harus 1 minggu sebelum jadwal rafting," tandasnya.

Yanuar salah satu pengunjung asal Kabupaten Tuban, mengaku puas setelah melakukan rafting sejauh 5 kilometer bersama istri dan dua anaknya.

"Untuk raftingnya cukup bagus, arusnya tidak terlalu kencang karena ini kebetulan sama keluarga. Sama anak-anak yang umurnya 10 tahun dan 8 tahun. Tapi ya cukup capek juga," kata Yanuar.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif