E-NGET, Layanan Terintegrasi RS Blambangan dalam Satu Aplikasi

jatimnow.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, Banyuwangi meluncurkan aplikasi E-NGET (Elektronik administrasi dalam genggaman dan terintegrasi).

Seluruh pelayanan di RSUD Blambangan terdapat di aplikasi ini, mulai pendaftaran online, rekam medis, memanggil ambulans, dan berbagai pelayanan lainnya.

"Ini bagian dari upaya Banyuwangi untuk terus memperbaiki kinerja pelayanan publiknya. Berbagai inovasi terus kami dorong, dan alhamdulillah RSUD Blambangan meresponsnya dengan meluncurkan aplikasi ini. Kami harap publik mulai terbiasa menggunakan ini," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dalam siaran pers ke redaksi, Senin (4/10/2021).

Aplikasi ini mengintegrasikan seluruh proses administrasi dan pelayanan pasien di RSUD Blambangan. Setelah mengunduh aplikasi E-NGET, pengguna dapat membuat akun sekaligus mendaftar nomor rekam medisnya.

"Seluruh pelayanan yang ada di RSUD Blambangan ada dalam aplikasi ini, sehingga memudahkan pasien untuk mencari dan mendapatkan layanan," kata Plt Direktur RSUD Blambangan, dr Aisyiah Anggraeni,

Setelah permohonan direspons oleh admin, pasien dapat menggunakan berbagai layanan yang tersedia di aplikasi tersebut.

Adapula layanan telemedicine atau konsultasi online. Para pasien tidak perlu datang ke poliklinik guna berkonsultasi kepada dokter spesialis.

"Ada fasilitas telemedicine dan konsultasi online dari para dokter spesialis kami. Mulai dari dokter spesialis syaraf, psikologi, gizi, apoteker klinis, dan lainnya," jelas dr Aisyiah.

Cukup mendaftarkan di aplikasi, lalu akan mendapatkan jadwal dari admin. Sesuai jadwal tersebut, pasien akan dihubungi dengan layanan video call oleh dokter bersangkutan, sehingga pasien dapat berkonsultasi kapanpun dan dimanapun tanpa harus berkunjung dan mengantre di rumah sakit.

Di aplikasi tersebut juga terdapat informasi fasilitas poliklinik di RSUD Blambangan. Selain itu juga ada berbagai fasilitas inovatif. Seperti 'Gancang Aron' yang merupakan pengantaran obat untuk mempercepat waktu pelayanan dan memberi fasilitas pada pasien kronis untuk mendapat obat tanpa datang ke rumah sakit, berkolaborasi dengan Gojek Indonesia.

Ada juga E-Procot yang merupakan pengembangan dari program 'Lahir Procot Pulang Bawa Akta', yaitu pelayanan akta kelahiran pembuatan KK dan kartu identitas anak secara gratis untuk seluruh pasien yang melahirkan. Seluruh berkas kependudukan tersebut bisa didapatkan begitu pasien keluar dari rumah sakit.

"Aplikasi ini berisi informasi tentang layanan dan kesehatan serta digitalisasi layanan untuk berbagai kebutuhan administratif di RSUD Blambangan. Aplikasi ini juga memberikan akses langsung terhadap seluruh inovasi yang dilakukan di RSUD Blambangan sekaligus dapat memanggil ambulance untuk kebutuhan pasien," urai dr Aisyiah.

Aplikasi E-NGET dapat di download dari play store atau melalui link bit.ly/engetrsudblambangan

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top