Lionel Messi Cetak Gol, PSG Kalahkan Manchester City di Liga Champions

jatimnow.com - Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya berhasil mencatatkan kemenangan atas Manchester City di Liga Champions setelah dalam empat laga sebelumnya tak pernah menang.

PSG menaklukkan City 2-0 dalam matchday kedua Grup A Liga Championd di Parc des Princes, Paris, Rabu (29/9) dini hari WIB.

Gol PSG dicetak oleh Idrissa Gueye dan Lionel Messi. Kemenangan ini menempatkan PSG di puncak klasemen Grup A dengan nilai empat dari dua laga, sama dengan Club Brugge di posisi kedua. Sementara City berada di posisi tiga dengan nilai tiga.

Jalannya laga

Manchester City sebenarnya lebih mendominasi sejak awal laga. Permainan high pressing ciri khas City dengan menempatkan pemain secara presisi untuk memotong setiap alur bola ke daerah pertahanan mereka membuat PSG lebih banyak berkutat di area sendiri.

Pada menit keenam Luonel Messi melancarkan serangan pertamanya ke depan untuk tim tuan rumah, tetapi dia lebih memilih melebar ke sayap kiri untuk mengoper ke Mendes.

Dalam posisi ditekan, tuan berhasil mencuri keunggulan pada menit kedelapan melalui tendangan jarak dekat Gueye ke sudut kanan atas gawang Ederson. Gol berawal dari serangan City yang patah dan berbuah serangan balik PSG.

Kylian Mbappe merangsek dari sisi kanan dan menembus sisi kiri kotak penalti City. Setelah mengotak-atik bola, ia mengirimkan operan ke Neymar.

Neymar yang siap menyambut ternyata gagal menendang sempurna. Bola terus bergulir ke tiang jauh. Beruntung ada Gueye siap menyambut bola.

Tanpa berlama-lama, Gueye melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang. Ederson tak bisa bereaksi, hanya melihat bola menggetarkan jala gawangnya.

Setelah gol ini, permainan mutlak berada dalam kendali City. Permainan operan-operan pendek dipungkasi umpan silang ke kotak penalti PSG berkali-kali memberikan ancaman kepada tuan rumah.

Pada menit ke-15, Riyad Mahrez menyerang dari sayap kanan dan melepaskan umpan silang dengan kaki kanannya.

Ada Raheem Sterling dan Jack Grealish yang siap menerimanya, tetapi kiper Gianluigi Donnarumma dengan sigap mengubah arah bola dan kemudian disapu oleh Marquinhos.

Sejurus kemudian Mahrez mencoba melakukan hal yang sama dari sisi kanan. Tapi kali ini ia tidak berhasil melewati Presnel Kimpembe yang memblokir operannya dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

City hampir menyamakan kedudukan di menit ke-26 saat dua kali percobaan membentur mistar gawang. Pertama dari tandukan Sterling saat menerima umpan dari De Bruyne. Kemudian bola rebound yang disambut Bernardo Silva juga hanya membentur mistar.

Tim tamu terus menekan untuk mengejar ketertinggalan. Memasuki 15 menit akhir gelombang serangan terus mengancam gawang PSG, tapi mereka selalu gagal dalam penyelesaian akhir, salah satunya karena kesigapan Donnarumma. Ia jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Les Rouge et Bleu akhirnya mendapatkan peluang. Pada menit ke-38, Ederson melakukan penyelamatan dari tendangan keras Ander Herrera yang menyelesaikan umpan tarik dari Mbappe dari sisi kiri. Bola yang mengarah langsung ke gawang hanya menghasilkan tendangan sudut.

Donnarumma kembali melakukan penyelamatan. Kali ini ancaman datang dari situasi tendangan sudut. Ruben Dias menyambut umpan dengan sundulan ke arah gawang tapi masih bisa ditepis oleh Donnarumma. Skor 1-0 untuk PSG pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, di menit ke-47, Sterling mendapat peluang dengan memanfaatkan umpan yang tepat dari Cancelo di saluran kiri-dalam, tetapi tendangan kaki kirinya masih melebar dari tiang kanan.

Manchester City terus menyerang dan menciptakan peluang terutama dari sisi kanan. Namun beberapa penyelesaian tim tamu masih bisa dihentikan oleh Donnarumma.

Pada menit ke-54 De Bruyne melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari sudut sulit dari kanan tapi bisa ditepis oleh Donnarumma. Dua menit berselang tendangan Grealish juga diblokir.

PSG akhirnya menciptakan peluang di menit ke-64 saat Neymar bermanuver melewati pemain belakang City.

Namun, ia tidak punya pilihan di depan dan terpaksa menyelesaikannya sendiri ke tiang dekat dan itu masih meleset dari sasaran.

Pada menit ke-67 City mencoba membuka ruang di kotak penalti PSG. Tapi Grealish berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Mahrez.

Gelombang serangan tidak mereda di area pertahanan PSG. Percobaan De Bruyne di menit ke-71 juga masih melebar ke sisi kanan gawang.

Setelah diserang bertubi-tubi, PSG justru menambah keunggulan melalui gol yang diciptakan Messi di menit ke-74 dari serangan balik cepat.

Messi yang memimpin serangan melakukan operan satu-dua dengan Mbappe dan diselesaikan oleh Messi dengan tendangan kaki kiri.

Serangan City semakin gencar untuk mengejar ketertinggalan dua angka. Percobaan Mahrez di menit ke-80 dengan tembakan kaki kiri dari sudut sempit masih bisa ditepis oleh Donnarumma.

Pada menit ke-90+1 tendangan bebas City dari luar kotak penalti yang dieksekusi oleh Mahrez berhasil ditepis oleh Donnarumma di sudut kanan bawah gawang.

Dua menit berselang dan menjadi peluang terakhir, Mahrez mengeksekusi bola mati namun jauh dari sasaran. PSG menang 2-0 atas City.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top