Wisudawan Terbaik Untag

Keren! Mahasiswa ini Ciptakan Alat Hidupkan dan Matikan Listrik dari Jarak Jauh

jatimnow.com - Mahasiswa program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Trio Bekti Imansah berhasil mengimplementasikan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk memonitoring beban penggunaan daya listrik dan pengendalian perangkat elektronik.

Uniknya, sistem yang dikembangkan calon wisudawan Untag Surabaya periode Semester Genap 2020/2021 ini, bisa menghidupkan dan mematikan aliran listrik di sebuah perangkat elektronik yang tak terpakai dari jarak jauh hanya melalui smartphone.

Sistem yang berhasil dikembangkannya tersebut diaplikasikan untuk memantau pemakaian daya listrik di sebuah perusahaan. Hasilnya bisa mengurangi beban biaya pembayaran dalam penggunaan listrik diperusahaan tersebut.

"Kadang sebuah perusahaan kurang memonitoring listrik, tidak tahu perangkat mana yang menghabiskan banyak daya, tiba-tiba tagihan pembayaran membengkak," ujar Trio, Selasa (20/9/2021).

Trio mencontohkan, ketika karyawan perusahaan lupa mematikan perangkat elektronik seperti komputer maupun AC, menjadi salah satu alasan besarnya penggunaan daya listrik. Melalui sistem ini, Trio memudahkan pengguna untuk mengetahui hal tersebut.

"Dengan adanya sistem ini, kita jadi tahu. Ada notifikasi yang akan dikirim melalui aplikasi media sosial kalau ada perangkat yang menyala," jelasnya.

Sistem yang dibuat Trio juga berfungsi sebagai pengendali jarak jauh yang setiap saat bisa dipantau. Dicontohkannya, sepulang dari kantor, tapi saat itu lupa mematikan printer, maka cukup membuka sistem tersebut di web config di smartphonenya.

"Kalau ada perangkat yang masih menyala, bisa dikendalikan langsung melalui sistem ini. Pengaplikasiannya cukup menggunakan web confi di smartphone yang terhubung internet gitu saja," beber dia.

Ditambahkan Trio, sistem yang ia buat hanya membutuhkan internet sebagai konektivitas dengan aplikasi Node-RED dan aplikasi berjalan di web browser, sehingga dapat diakses dari jarak jauh dan dari mana saja.

"Agar tidak menambah beban memori handphone saat menginstal aplikasi, untuk saat ini sistem saya masih menggunakan web config. Intinya jika pakai handphone android dan cukup ada signal kita bisa mengakses sistemnya," tandasnya. (ADV)

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top