jatimnow alexametrics

Misteri Dam 1 Banyuwangi: Kerap Ditemukan Orang Tenggelam hingga Jadi Pasar Jin

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Rony Subhan
Misteri Dam 1 Banyuwangi: Kerap Ditemukan Orang Tenggelam hingga Jadi Pasar Jin

jatimnow.com - Bendungan Dam 1 yang terletak di Dusun Tempurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi menyimpan kisah misteri.

Bangunan yang dibangun Belanda pada Tahun 1927 dan dipergunakan untuk mengaliri persawahan ke wilayah Banyuwangi bagian selatan itu kerap terjadi peristiwa orang tenggelam.

Salah satu warga dan juga bertugas sebagai penjaga pintu air Dam 1 yang bernama Cahyo Nurokim membenarkan jika tempat yang dijaganya itu sering terjadi peristiwa orang tenggelam.

"Hampir setahun sekali ada peristiwa orang tenggelam. Anehnya, peristiwa orang tenggelam di sungai ini hampir bersamaan bulan sama dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Cahyo kepada jatimnow.com, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Cahyo mengaku dirinya dan warga lain di sekitar bendungan sering mendengar suara-suara yang aneh. Mulai mendengar suara anak kecil minta tolong dan keramaian pasar jin. 

"Terkadang jika malam, saya mendengar suara anak kecil minta tolong dan bayangan hitam yang sangat besar. Juga bendungan itu, warga banyak mendengar suara manusia seperti ada pasar rakyat. Mungkin itu pasar jin," terang dia.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Cahyo menceritakan, pernah ada dua anak muda sedang ritual di Dam 1.

"Para pemuda itu mengadakan ritual di sini pada tengah malam. Mereka ingin tahu penghuni Dam 1 ini. Tidak taunya malah kesurupan," jelasnya.

"Pemuda itu saat kesurupan teriak-teriak. Mereka berteriak ingin terjun ke bendungan itu. Ia menganggapnya bendungan itu adalah pasar rakyat yang sangat ramai. Saya bersama warga langsung memegangnya dan memberinya paksa air sungai itu, baru bisa tersadar," tambah Cahyo.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif