jatimnow alexametrics

Dongkrak Perekonomian Desa, Mahasiswa UHW Perbanas Siapkan Rumah Bisnis

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen UHW Perbanas Surabaya
Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen UHW Perbanas Surabaya

jatimnow.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen (Himaprodi Manajemen) Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya merealisasikan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa.

Kegiatan yang terselenggara dari hasil hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu akan berlangsung selama 5 bulan ke depan di Desa Cerme, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

Pendamping PHP2D UHW Perbanas, Achmad Saiful Ulum mengatakan, kegiatan tersebut dikelola organisasi mahasiswa Sarjana Manajemen. Program ini nantinya berlangsung kurang lebih 5 bulan, dimulai dari Juli lalu hingga November 2021.

"Di sini nanti, para mahasiswa selama seminggu ke depan melakukan observasi di Desa Cerme, Nganjuk. Mereka mendata UMKM yang ada di setiap RW, lalu perintis maupun pelaku usaha dikumpulkan untuk diberikan pembinaan dan pemberdayaan agar mendongkrak perekonomian desa setempat," jelas Ulum melalui rilis yang diterima jatimnow.com, Senin (6/9/2021).

Menurut Ulum, proses pendampingan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimulai dari cara pengelolaan usaha, studi kelayakan usaha, manajemen pemasaran hingga peningkatan profit.

Ulum menambahkan, upaya tersebut juga diselaraskan dengan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cerme sehingga jiwa kewirausahaan warga tetap tumbuh.

"Nantinya, kami juga ingin mendirikan Rumah Bisnis Cerme sebagai wadah pengelolaan dan edukasi UMKM yang ada di Desa Cerme ini," tambah dia.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Kegiatan tersebut disambut baik Kepala Desa Cerme, Iking Eduan Saputra. Dia mendukung penuh program yang dicanangkan oleh mahasiswa UHW Perbanas Surabaya itu.

Iking pun mendukung upaya peningkatan pendapatan warganya lewat berbagai jenis usaha yang diberdayakan dengan pendampingan dari mahasiswa.

"Dengan begitu, diharapkan perekonomian di desa setempat dapat terdongkrak dengan baik serta peran BUMDes yang sudah ada menjadi maksimal," ujarnya.

Diketahui, 5 proposal yang dikirimkan organisasi mahasiswa UHW Perbanas Surabaya berhasil meraih Hibah PHP2D Kemendikbud 2021.

Kelima organisasi tersebut di antaranya Badan Eksekutif Mahasiswa, Himaprodi Sarjana Manajemen, UPKM Entrepreneur Club, UKM Tari dan UKM Bola Basket. Saat ini mereka melakukan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan desa yang ada di Jatim.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif