jatimnow alexametrics

Saham MU Melejit 13 Persen Usai Ronaldo Pastikan Bergabung

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO via Republika.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO via Republika.

jatimnow.com - Kembalinya Cristiano Ronaldo yang mengejutkan ke Manchester United telah membuat nilai pasar saham klub meroket sebesar 212 juta poundsterling atau setara Rp 4,2 triliun pada Jumat (27/8/2021).

Pada Kamis (26/8/2021), tampaknya tak terelakkan bahwa Ronaldo akan mengabaikan loyalitasnya sebelumnya dan menandatangani kontrak dengan Manchester City. Ini mengakhiri pencarian mereka untuk seorang striker.

Namun, selama Jumat, gelombang berbalik dan dalam kesepakatan yang bergerak cepat, Ronaldo diumumkan sebagai pemain United untuk kedua kalinya dalam karirnya.

Kapten Portugal ini telah menghabiskan tiga musim sebelumnya di Juventus menaklukkan Serie A. Ia mencetak 81 gol dalam 97 penampilan liga selama waktu itu dan membantu timnya memenangkan gelar dua kali.

Ronaldo telah setuju untuk kembali ke United, meskipun dia mungkin tidak memiliki nomor punggung 7 kali ini. United akan membayar 20 juta poundsterling atau setara Rp 395 miliar untuk pemain berusia 36 tahun itu, berhasil membayar potongan harga untuk sang penyerang karena kontraknya di Italia akan habis musim depan. Dia sekarang telah menyetujui kontrak dua tahun di Old Trafford.

Tapi bukan hanya fans United yang menjadi heboh setelah melihat pengumuman Ronaldo akan kembali ke Theatre of Dreams setelah 12 tahun pergi. Pasar saham juga melakukannya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Ketika kepindahan Ronaldo diumumkan di saluran sosial United, harga saham di klub naik sebesar 9,8 persen. Pada Jumat pagi, harga saham United dibuka pada 12,62 poundsterling tetapi segera melonjak hingga 13,87 poundsterling, yang berarti nilai pasar keseluruhan klub naik 212 juta poundsterling.

Seperti yang diharapkan banyak orang, saham kemudian turun sedikit setelah faktor kejutan awal berlalu. Namun, keseluruhan nilainya masih naik lebih dari 6 persen.

Ronaldo bergabung dengan United untuk kedua kalinya dalam karirnya setelah menghabiskan enam tahun di klub dari 2003 hingga 2009. Ia bergabung dari Sporting Lisbon seharga 12,2 juta poundsterling. Saat itu, angka tersebut membuatnya menjadi remaja termahal di dunia sepakbola.

Di bawah manajemen Sir Alex Ferguson, penyerang serba bisa itu unggul. Dia mencetak 84 gol dalam 196 penampilan liga, membantu Setan Merah meraih tiga gelar Liga Inggris, satu kemenangan di Piala FA, tiga kemenangan Piala Liga, dan Liga Champions pada 2007/08.

Pada tahun 2009, Ronaldo memecahkan rekor transfer lainnya. Kali ini dia menjadi pesepakbola termahal sepanjang masa saat dia pindah ke Real Madrid seharga 80 juta poundsterling. Di sanalah dia menyatakan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan pertarungannya untuk superioritas sepakbola dengan Lionel Messi dimulai.

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif