jatimnow alexametrics

Kekayaan Budaya Mojokerto Siap Ditampilkan di Festival Majapahit 2021

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Achmad Supriyadi
Kekayaan Budaya Mojokerto Siap Ditampilkan di Festival Majapahit 2021

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto akan menggelar Festival Majapahit 2021. Acara ini hasil berkat inisiasi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan menggandeng Bank Indonesia (BI).

Acara tersebut akan dibuka secara virtual pada Rabu (25/8) mendatang dengan remarks oleh Sujiwo Tejo yang mendalang tentang Majapahit.

Anggota Komisi XI DPR RI Ika Kurnia dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari akan memberi sambutan dalam festival digelar untuk memperkenalkan seluk beluk Majapahit dan destinasi pariwisata di Mojokerto.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memberi sambutan sekaligus meresmikan Festival Majapahit 2021 yang dapat disaksikan secara langsung melalui website resmi Festival Majapahit di laman www.festivalmajapahit.com.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, Festival Majapahit 2021 diselenggarakan untuk menggantikan rencana kegiatan bertajuk Pekan Budaya Majapahit 2021 yang sedianya digelar secara langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas) Bulan Juli 2021 lalu.

Namun, sehubungan dengan situasi Pandemi Covid-19, gelaran pekan budaya itu urung dilaksanakan.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Awalnya kita bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Pekan Budaya Majapahit 2021 untuk mewujudkan program prioritas kepala daerah di bidang pariwisata. Kegiatan direncanakan berlangsung digelar di satu titik, yakni Taman Benpas. Situasi Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan harus digelar secara virtual," kata Ning Ita dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (23/8/2021)

Ning Ita menegaskan dalam situasi Pandemi Covid-19 pihaknya ingin tetap memperhatikan pembangunan bidang budaya dan pariwisata.

"Kita tetap semangat, pantang surut langkah menyelenggarakan kegiatan budaya. Dan yang pasti, meskipun Festival Majapahit 2021 dikemas secara virtual, tetapi secara substansi hampir sama," terang Ning Ita.

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam festival tersebut, seperti tari Majapahit, pameran Batik Majapahit, pagelaran wayang, foto-foto bangunan bersejarah, batik lawasan, dan lainnya.

"Website yang disajikan panitia pelaksana bisa jadi destinasi festival yang dapat menjangkau publik tanpa sekat geografis, jadi secara jangkauan, festival ini lebih luas," sebut Gaguk.

Agenda lainnya, yakni webinar Festival Majapahit dengan tema 'Meneladani Kejayaan Majapahit Dalam Memajukan Ekonomi Jawa Timur' dengan moderator Andy F Noya dan menghadirkan empat narasumber antara lain, Prof Dr Agus Aris Munandar, dosen Arkeologi UI, Adrian Perkasa, dosen Departemen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga dan PhD candidate di Universiteit Leiden Diana Putri, perancang busana Eko Supriyanto, serta koreografer dan dosen ISI Surakarta.

Warga masyarakat Kota Mojokerto bisa mengikuti acara yang juga digelar secara virtual melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube Bank Indonesia Jatim.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif