jatimnow alexametrics

Pecinta Kuliner Wajib Tahu, Kini Rendang Tak Hanya Daging Sapi

Editor : Arina Pramudita
Rendang bola daging, instagram @resepcinap
Rendang bola daging, instagram @resepcinap

jatimnow.com - Siapa yang tidak tahu makanan bernama Rendang. Olahan daging yang populer di Sumatera Barat, itu kini menjadi kesayangan pecinta kuliner mancanegara setelah UNESCO menetapkannya sebagai kuliner warisan dunia.

Namun, banyak yang salah mengira jika rendang hanyalah olahan daging berbumbu. Nyatanya, menu khas Tanah Minang ini miliki banyak nama tergantung lama proses memasaknya.

"Rendang sebenarnya adalah cara mengolah dari gulai menjadi rendang," ujar Riza Novera Yunis, pemilik Brand Bumbu Rendang Uni Riza.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Menurutnya, ada perbedaan antara gulai yang dijadikan rendang, dan pembuatan gulai pada umumnya. Perbedaanya, gulai menggunakan kunyit, sedangkan rendang tidak memerlukannya.

Rendang identik dengan warna merah tua cenderung kehitaman. Proses lama memasak rendang inilah yang menjadikan protein yang dipakai akan semakin berwarna pekat.

"Mulanya adalah gulai daging (tanpa kunyit), setelah 4 jam memasak akan menjadi menu bernama kalio karena minyak dari bumbu dan daging mulai keluar. Usai dimasak 7 hingga 8 jam barulah bisa disebut sebagai rendang. Rendang itu makanan kering tanpa minyak," jelasnya.

Sekarang, rendang bisa dipadupadankan tak hanya dengan daging sapi sebagai protein di bahan utamanya. Food lovers wajib tahu, kalau ikan, ayam, bakso, aneka pasta, roti isi, dan nasi goreng, pun bisa menjadi beberapa pilihan untuk merasakan makanan bercita rasa gurih, asin dan pedas ini.

Bumbu rendang yang berbahan aneka rempah seperti bunga lawang, adas, pala, dan diperkuat gurihnya kelapa sangrai, cocok untuk diolah menjadi apa saja.

Caranya cukup mudah, siapkan saja bumbu rendang siap pakai yang dibuat dari resep rendang otentik. Bumbu ini yang kemudian menjadi dasar aneka menu bercita rasa rendang.

"Sudah banyak olahan dari bumbu rendang. Mulai dari nasi goreng rendang, rendang udang, pentol rendang, sampai rendang tongkol," tegas Uni Riza.

Karena banyaknya varian menu rendang, sebagai pemilik merek bumbu rendang, ia pun bersyukur karena penjualan bumbu miliknya semakin pesat. Bahkan sudah menjangkau mancanegara, seperti Amerika.

"Pelanggan sering berbagi foto hasil masakan mereka menggunakan bumbu rendang Uni Riza. Yang paling hits dan simpel adalah nasi goreng rendang. Saya juga sering menerima pesanan karena menu ini sedang trend," pungkasnya.

Rendang ikan tongkol, instagram @resepcinapRendang ikan tongkol, instagram @resepcinap

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif