jatimnow alexametrics

Pemprov Jatim Bagikan Bingkisan Pada Veteran Pejuang Kemerdekaan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Para relawan yang akan membagikan bingkisan ke para veteran pejuang kemerdekaan di Jatim
Para relawan yang akan membagikan bingkisan ke para veteran pejuang kemerdekaan di Jatim

jatimnow.com - Memperingati HUT ke-76 RI, Pemprov Jatim memberikan sejumlah bingkisan kepada para veteran dan janda serta keluarga pahlawan pejuang kemerdekaan.

Diberangkatkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dari Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo, Senin (16/8/2021), para relawan akan berkeliling di 38 kabupaten dan kota untuk menuju 148 sasaran.

Isi bingkisannya beragam, mulai paket sembako hingga perlengkapan yang dibutuhkan. Khofifah meminta relawan yang turun ke lapangan sekaligus melakukan pendataan para pejuang veteran, janda dan perintis kemerdekaan, yang rumah tinggalnya kurang layak untuk didata.

"Karena bagi yang rumahnya tidak layak huni, kami siapkan rumah tinggal layak huni. Terutama yang sebatang kara. Supaya bisa kami bantu," ujar Khofifah, Senin (16/8/2021).

Khofifah mengungkapkan, dalam anggaran APBD Pemprov Jatim banyak yang didedikasikan untuk masyarakat lansia. Anggaran prioritas itu diwujudkan dalam program PKH Plus khusus lansia.

Namun jika PKH Plus tersebut sudah tidak cukup untuk membenahi rumah yang rusak, rumah yang reyot, maka bisa diajukan untuk program lain untuk intervensi rumah tinggal layak huni.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Maka PKH Plus kalau nggak cukup membenahi rumahnya yang bocor atau yang reyot, maka butuh intervensi rumah tinggal layak huni. Oleh karena itu, titip untuk mendata rumah tidak layak huni agar bisa kita bantu," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Alwi menyebut bahwa sejak tahun lalu, bingkisan untuk mereka dilakukan secara door to door. Harannya, para lansia bisa membatasi mobilitas agar selalu aman dan sehat.

"Ini kegiatan rutin. Biasanya memang mereka kami undang ke sini untuk diserahkan secara langsung. Namun sejak pandemi, kebijakan ibu gubernur mengarahkan agar bingkisan ini dikirim ke rumah masing-masing," sambung dia.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE