jatimnow alexametrics

Melihat Gerombolan Hiu Paus yang Kembali Bermain di Perairan Laut Pasuruan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Moch Rois
Gerombolan ikan hiu paus
Gerombolan ikan hiu paus

jatimnow.com - Gerombolan ikan hiu paus terlihat kembali bermain di perairan laut Pasuruan. Mamalia air raksasa ini terlihat bergerombol 5 sampai 10 ekor mencari makan plankton di sekitaran 1,5 mil sampai 2 mil dari bibir pantai. Beberapa ekor ikan hiu paus tersebut mendekati kapal nelayan yang berangkat mencari ikan.

"Ikan hiu pausnya datang sejak kemarin. Salah satu ikan kadang mendekati perahu kita saat berangkat melaut," jelas salah seorang nelayan asal Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Edi Santoso, Selasa (3/8/2021).

Satpolair Polres Pasuruan mengatakan pihaknya mengedukasi nelayan agar tidak mengganggu mamalia air yang dilindungi tersebut.

"Yang kita lakukan tentunya mengedukasi para nelayan, agar tidak mengganggu dan agar tidak sampai jaring ikan mereka tersangkut ikan tersebut," jelas Kasubnit Lidik Satpolair Pasuruan, Aipda Laswanto.

Dari hasil patroli selama dua hari ini, Laswanto menyebut jika gerombolan ikan hiu paus itu tidak mengganggu aktivitas nelayan mencari ikan. Nelayan Pasuruan sudah paham dan bisa menyesuaikan diri dengan kehadiran mamalia air tersebut yang datang bermigrasi ke perairan laut Pasuruan sampai Sidoarjo.

"Selama dua hari patroli ini, ikan hiu paus terlihat di sekitaran 1,5 sampai 2 mil. Para nelayan sini sudah terbiasa, sehingga tangkapan hasil laut tidak terganggu dengan kehadiran hiu paus," tandasnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif