jatimnow alexametrics

Muncul Bakteri Ecoli, Sumber Mata Air Umbulan Pasuruan Ditutup Bagi Pengunjung

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Moch Rois
Sumber Mata Air Umbulan, Pasuruan
Sumber Mata Air Umbulan, Pasuruan

jatimnow.com - Sumber Mata Air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ditutup dari aktivitas warga akibat munculnya bakteri ecoli dan tingginya residu diterjen dalam air.

Kini, sumber yang airnya didistribusikan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan ke Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya dan Gresik itu dalam pengawasan ketat.

"Mulai hari Senin kemarin ditutup akibat adanya kandungan bakteri ecoli dan diterjen. Sudah ada uji labnya," jelas Kepala UPT Pengelola Sumber Daya Air Wilayah Sungai (PSDA-WS) Welang Pekalen, Navita Andriyani, Rabu (9/6/2021).

Navita mengungkapkan, tingginya parameter bakteri ecoli di area sumber utama mata air atau head pam ini akibat adanya aktivitas manusia yang mandi dan berenang di lokasi tersebut. Hal ini diketahui dari pengecekan berkala yang dilakukan SPAM Umbulan selaku pengelola.

"Bakteri ecoli itu kan berasal dari usus besar manusia. Nah itu, orang mandi kan bisa apa saja," ujarnya.

Sementara terkait pencemaran kandungan diterjen dalam air sumber, menurut Navita, itu akibat banyaknya warga yang mencuci karpet dan mandi pakai shampo di area kolam utama.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Banyaknya orang yang mandi, berenang dan mencuci karpet di area head pam, sebenarnya membuat kami banyak dikomplain oleh bupati dan walikota dari lima daerah yang mengambil air itu," ungkapnya.

Meski begitu, kandungan bakteri diterjen dan bakteri ecoli ditegaskan tidak akan terbawa sampai ke konsumen SPAM Umbulan. Sebab sebelum didistribusikan, air diproses untuk mematikan kandungan bakteri dan menghilangkan kontaminasi diterjen.

"Kan ditreatment. Karena semakin bakterinya banyak, biaya treatment ya semakin mahal," tegasnya.

Di sisi lain, pemerintah telah menyediakan area water park yang berada di sebelah kolam utama penampung sumber mata air, sehingga warga bisa tetap berekreasi berenang tanpa mencemari area sumber. Para PKL yang sebelumnya berjualan di dekat area sumber pun dipindah ke area water park.

"Kolam renangnya sudah ada di Umbulan Water Park, atasnya area sumber," tandasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE