jatimnow alexametrics

Tahan Imbang Thailand, Indonesia Raih Poin di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Pemain timnas Indonesia berselebrasi seusai menjebol gawang Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 (Foto: PSSI via Republika)
Pemain timnas Indonesia berselebrasi seusai menjebol gawang Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 (Foto: PSSI via Republika)

jatimnow.com - Indonesia memetik poin pertamanya pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 pada laga di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (4/6) dini hari.

Indonesia yang mengusung formasi 4-4-2 kebobolan gol cepat lewat skema bola mati dari Narubodin Weerawatnodom pada menit kelima.

Berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut di depan gawang Nadeo Argawinata. Weerawatnodom menerima bola liar dan menjebol gawang Indonesia dengan tendangan jarak dekat.

Namun Kadek Agung menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Umpan terobosan Syahrian Abimanyu mengejutkan barisan pertahanan Thailand bisa dikejar oleh Kadek.

Hanya berhadapan dengan kiper Siwarak Tedsungnoen membuat Kadek muda menjadikan skor imbang 1-1 hingga turun minum.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Indonesia kembali tertinggal setelah Adisak Kraisorn mencetak gol pada menit ke-50. Ia menanduk bola umpan kiriman Suphan Tongsong.

Keunggulan Thailand kali ini tidak bertahan lama. Sebab 10 menit berselang Evan Dimas dengan sigap menyambar bola muntah hasil tendangan Egy Maulana Vikri untuk memperdaya kiper Tedungnoen.

Shin Tae-yong menggunakan seluruh lima slot pergantian pemain Indonesia, tetapi hal itu tak mampu mengubah banyak keadaan. Skor 2-2 bertahan hingga bubaran.

Satu poin tak membuat Indonesia beranjak dari dasar klasemen. Namun hasil imbang mengganggu peluang Thailand lolos ke putaran berikutnya.

Thailand kini mengoleksi nilai sembilan, hasil dua kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah, terpaut dua angka dari Vietnam di posisi pertama.

Thailand mengoleksi nilai sama dengan Malaysia dan tuan rumah UEA. Namun UEA baru memainkan lima laga alias punya satu pertandingan sisa lebih banyak dari Thailand dan Malaysia.

Juara dari delapan grup ditambah empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Di putaran ini, ke-12 tim tersebut akan dibagi ke dalam dua grup. Juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos langsung ke Qatar.

Sementara tim peringkat tiga akan bertanding dalam laga play-off untuk menentukan pemenang. Setelahnya, pemenang play-off akan berhadapan dengan wakil konfederasi dari benua lain untuk bertarung lagi memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Thailand

Siwarak Tedsungnoen-pg (kapten), Suphan Tongsong, Manuel Tom Bihr, Sarach Yooyen, Adisak Kraisorn (87', Supachai Chaided), Thanawat Suengchitthawon, Ernesto (79' Sasalak Haiprakhon), Pathompon Charoenrattanapirom (69', Supanat Mueanta), Narubadin Weerawatnodom, Phitiwat Sookjitthammakul (79', Thitiphan Phuangchan), Ekanit Panya (68', Supachok Sarachat)

Indonesia

Nadeo Argawinata-pg, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan, Witan Sulaeman (70', Adam Alis), I Kadek Agung (84', Rachmat Irianto), Evan Dimas, Syahrian Abimanyu (84', Genta Alparedo), Egy Maulana (63', Osvaldo Haay), Kushedya Yudo (84', Muhammad Rafli).

 

 

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif