Laznas LMI Gerak Cepat Bantu Recovery Bangunan Rusak Akibat Gempa di Malang

jatimnow.com - Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Manajemen Infaq (Laznas LMI) menerjunkan beberapa relawan ke Kabupaten Blitar untuk membantu proses recovery beberapa bangunan yang terdampak gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang.

Para relawan yang tergabung dalam Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana Laznas LMI (RNPB Laznas LMI) ini bekerja keras menginventarisasi data kerusakan dan warga terdampak gempa.

"Mereka juga membantu membersihkan sejumlah tempat ibadah seperti masjid sebagaimana untuk persiapan salat tarawih pertama nanti," jelas Anggota RNPB Laznas LMI, Rahmadani yang sedang di lokasi, Senin (12/4/2021).

Rahmadani menambahkan, dari pendataan yang dilakukan di Kabupaten Blitar, efek gempa magnitudo 6,1 itu berimbas pada 9 warga luka-luka dan puluhan rumah rusak.

"Semua korban luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Saat ini para korban telah menjalani perawatan di masing-masing puskesmas," urainya.

Namun dia belum bisa menjelaskan lebih jauh luka yang diderita korban. Dia hanya memastikan, sejauh ini guncangan gempa yang dirasakan di Kabupaten Blitar tidak sampai merenggut korban jiwa.

Total terdampak sementara yaitu 160 rumah warga, tapi belum termasuk data tambahan. Temuan di lapangan, banyak rumah yang roboh dan retak. Beberapa desa juga mengalami pemadaman listrik.

"Informasi masih akan terus diupdate karena data masih terus bertambah," ungkap Rahmadani.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top