Rektor Unair Sebut Vaksin Merah Putih Siap Diedarkan Akhir 2021

jatimnow.com - Prof Mohammad Nasih menyebut Vaksin Merah Putih Covid-19 yang dikembangkan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya siap diedarkan akhir tahun 2021.

"Oktober atau November sudah bisa dimanfaatkan dengan status pemanfaatan tertentu," ungkap Rektor Unair, Prof Nasih, Senin (12/4/2021).

Menurutnya, dalam uji coba bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) itu, Vaksin Merah Putih telah mendapat assesmen.

"Hari ini kita diskusi dengan BPOM, Prof Nyoman bersama Tim Peneliti Unair untuk assesmen dengan teman-teman BPOM. Kemarin saya baca, Bu Penny (Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito) sudah mengisyaratkan, mudah-mudahan dua bulan setelah uji klinis itu bisa dikeluarkan," katanya

Prof Nasih mengaku, hari ini pihaknya sedang menunggu evaluasi dari BPOM. Ia berharap mendapat evaluasi yang baik dari vaksin yang dikembangkan di Unair.

"Mudah-mudahan hasilnya bagus. BPOM sejak awal memang terlibat ikut secara langsung, sehingga mudah-mudahan tidak ada alasan apa pun, untuk kemudian tidak memfasilitasi," harapnya.

Ia juga mengaku, pengembangan Vaksin Merah Putih telah memiliki izin dari pemerintah sehingga bisa diproduksi secara masal

"Secara teknis kita sudah laporan. Terakhir yang disuntikkan uji tahap hewan itu sehat dan tidak berdampak ini itu. Nanti laporan teknisnya akan disampaikan," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top