Masjid Al Akbar Surabaya Siap Gelar Salat Tarawih, Catat Ketentuannya

jatimnow.com - Masjid Al Akbar Surabaya bersiap menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah dan akan menggelar Salat Tarawih dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti masih sama seperti tahun lalu karena masih Pandemi Covid-19. Dengan begitu sejumlah aturan ketat masih diberlakukan terutama prokes.

"Menyambut Bulan Suci Ramadan tahun ini, Masjid Al Akbar Surabaya akan menggelar Salat Tarawih. Tapi tentunya dengan peraturan-peraturan yang ketat. Seperti prokes dan kapasitasnya dibatasi," kata Helmy saat dikonfirmasi, Rabu (7/4/2021).

Ia menyebut, sebanyak 240 imam, muadzin, guru ngaji, dan marbot di Masjid Al Akbar Surabaya telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac.

"Nanti kuota jemaah Salat Tarawih tetap akan dibatasi 25 persen dari kapasitas masjid. Contoh pelaksanaan seperti kuota Salat Jumat yang sudah berlangsung selama ini," jelasnya.

Ia menambahkan, jemaah yang masuk ke masjid nantinya hanya melalui tiga pintu saja. Di sisi utara pintu nomor tiga, sisi timur pintu nomor 23, dan sisi selatan di pintu nomor 43.

Untuk menghindari kerumunan, jemaah dianjurkan membawa kantong plastik sendiri untuk memasukkan alas kaki dan dibawa masuk ke dalam masjid.

"Nanti bisa ditaruh samping saf salat. Dimohon kantong membawa sendiri," ujar dia.

Helmy mengatakan, imam Salat Tarawih nantinya akan memakai bacaan surat-surat pendek. Dan setelah salat tidak ada salaman.

Selanjutnya, masjid terbesar kedua nasional itu akan ditutup 30 menit setelah ibadah selesai atau sekitar pukul 21.00 Wib.

"Demikian ketentuan umum pelaksanaan Salat Tarawih di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Tahun 1442 H. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan nikmat sehat dan bahagia lahir batin kepada kita semua," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top