599 Mahasiswa Untag Surabaya Diwisuda di Tengah Pandemi

jatimnow.com - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meluluskan 599 wisudawan pada prosesi wisuda ke-122 yang digelar secara daring dan luring dengan mengusung tema "Karena Rindu Lebih Berat dari Pandemiā€.

Rektor Untag Surabaya, Dr Mulyanto Nugroho mengungkapkan bahwa wisuda di tengah pandemi yang digelar Sabtu (27/3/2021) itu menjadi tantangan bagi Untag Surabaya untuk bisa menyiapkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kondisi saat ini.

Katanya, meskipun hampir satu tahun menjalani pembelajaran online, tapi hal itu tidak mengurangi kualitas wisudawan. Sebab pembekalan pada wisudawan telah dilakukan sejak semester awal kuliah.

Hanya saja saat pandemi, pembekalan psikis dalam mencari pekerjaan di tengah pandemi semakin dimatangkan. Mulai dari pengenalan diri hingga cara menyiapkan lamaran pekerjaan dan kelengkapannya dengan baik.

"Dari maba (mahasiswa baru) kami sudah mengenalkan potensi untuk pengembangan karir mahasiswa. Semester tiga dan lima mulai match dengan pekerjaan. Dan jelang wisuda kami kenalkan tentang teknis, seperti pembuatan CV dan branding diri," ujar Mulyanto.

Mulyanto menambahkan, meski lulusan diwisuda secara daring, harapannya para lulusan tetap bisa memiliki cerminan karakter kampus merah putih yaitu memiliki jiwa patriot.

Prosesi wisuda ke-122 Untag SurabayaProsesi wisuda ke-122 Untag Surabaya

"Saya selaku Rektor Untag Surabaya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada wisudawan wisudawati yang telah berjuang menyelesaikan studi di tengah pandemi. Dengan bangga saya ucapkan selamat, kepada mahasiswa yang di tengah pembelajaran online, tetap berhasil menorehkan prestasi akademik maupun nonakademik, pada tingkat sarjana, magister dan doktor," paparnya.

Pembina Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, Drs. H. Bambang Dwi Hartono berpesan agar para alumni Untag Surabaya bisa menjadi pelopor yang akan selalu di depan dalam setiap prakarsa dan inisiatif.

"Tidak hanya menjadi alumni yang berkualitas dan percaya diri, tapi semoga menjadi pribadi yang arif dan bijaksana serta tidak berhenti belajar," tegasnya.

Sementara Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang turut hadir juga memberikan selamat kepada para wisudawan. Eri yang juga alumni Untag Surabaya itu menunggu kiprah para wisudawan, dalam membangun Kota Pahlawan.

"Kami mengajak 599 wisudawan untuk ambil bagian dalam pembangunan Kota Surabaya. Tentu akan menjadi lebih hebat lagi ketika seluruh lulusan terbaik perguruan tinggi bisa berkiprah membantu pemerintah kotanya," tutur dia.

Prosesi wisuda ke-122 Untag SurabayaProsesi wisuda ke-122 Untag Surabaya

Dalam kesempatan prosesi wisuda tersebut, Rektor Untag Surabaya juga memberikan penghargaan kepada 6 wisudawan terbaik. Di antaranya Kadek Yaniza Ayu Tantri Devi dari Prodi Teknik Industri sebagai peraih IPK tertinggi 3.89 Program Sarjana.

Sementara untuk Mahasiswa Program Pascasarjana, IPK terbaik 3.98 diraih oleh Zaenal Masqur program studi Magister Teknik Sipil serta peraih IPK terbaik 3.97 Program Doktor diraih oleh Budi Endarto, Doktor Ilmu Hukum.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top