jatimnow alexametrics

Tangani Banjir di Surabaya, Whisnu Terapkan SOP Sistem Pintu Air

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana
Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana

jatimnow.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana berencana menerapkan Sistem Operasional Prosedur (SOP) sistem pintu air dalam rangka penanganan banjir di Surabaya.

Whisnu meminta sub rayon masing-masing pintu air seluruh Surabaya untuk memantau kondisi air pasang. Diketahui saat ini 59 titik pintu air yang tersebar di seluruh wilayah Kota Pahlawan.

"Nanti saya panggil camat-camat di wilayah yang ada pintu air untuk bertanggungjawab, terutama saat curah hujan tinggi," terang Whisnu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/12/2020).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Menurut Whisnu, penerapan SOP ini juga akan dibahas bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota (BPUBMP) Surabaya.

"Tadinya siang ini, saya tunggu kok gak datang-datang," tambahnya.

Whisnu yang juga Politisi PDIP Jatim ini menyebut bahwa penerapan SOP merupakan dari pembenahan sistem di internal pemkot. Khususnya dalam penanganan gerak cepat terjadinya genangan yang meninggi.

"Harus ada tanggungjawab di setiap wilayah. Jangan kepala daerah harus datang baru dikerjakan. Sudah itu tanggungjawab camat. Kecuali jika ada situasi force major, baru ada kebijakan lain," papar Whisnu.

Berdasarkan laporan BMKG Juanda, ada kecenderungan kenaikan elevasi air laut dalam dua hari terakhir. Sedangkan puncaknya diprediksi pada 31 Desember 2020.

"Yang kita antisipasi jangan sampai kondisi ini (genangan banjir) terjadi saat malam pergantian tahun. Besok saya segera panggil lagi kepala dinasnya," tandas Whisnu.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif