jatimnow alexametrics

Tersangka Kasus Ancaman dan Ujaran Kebencian ke Mahfud MD Bertambah

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

jatimnow.com - Setelah menangkap empat pelaku pengancaman pembunuhan dan ujaran kebencian terhadap Menkopolhukam Mahfud MD, Polda Jatim kembali menetapkan satu tersangka baru.

Pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus itu berinisial LM (40), warga Karang Penang, Sampang, Madura. LM disebut-sebut menjadi aktor atas kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan penetapan tersangka terhadap LM. Pihaknya meminta agar tersangka LM segera menyerahkan diri.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim telah mengeluarkan surat perintah penahanan terhadap LM. Sebab itu yang bersangkutan diminta untuk menyerahkan diri," tegas Trunoyudo, Senin (14/12/2020).

"Dia (LM) kami tetapkan tersangka setelah pengembangan pemeriksaan terhadap empat tersangka sebelumnya," tambahnya.

Sementara berdasarkan hasil penyidikan, pelaku utama melakukan aksinya tersebut didasari oleh aksi solidaritas dari MRS yang ditangani Polda Metro Jaya.

Baca juga:  Sebar Ancaman dan Ujaran Kebencian ke Mahfud MD, 4 Orang Ditangkap

Ditanya terkait keanggotaan pelaku utama dalam ormas FPI, Trunoyudo mengaku masih akan melakukan pendalaman.

"Sejauh ini mendasari konten dan motif yang sudah kami tetapkan. Ada dua tersangka yang termasuk ormas FPI dan dua simpatisan. Untuk tersangka utama masih kami dalami," jelasnya.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jatim menetapkan empat orang sebagai tersangka ancaman pembunuhan dan ujaran kebencian terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD melalui video YouTube.

"Video yang diunggah oleh tersangka di akun media sosial YouTube, tersangka ini mengancam akan membunuh Prof. Mahfud MD. Sehingga polisi dengan cepat melakukan penyelidikan terhadap konten yang ada di YouTube dengan nama akunnya 'Pasuruan Amazing' tersebut dan akhirnya berhasil menangkap para pelaku," ujar Trunoyudo.

Empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka masing-masing bernama Muchammad Nawawi atau Gus Nawawi (38), warga Dusun Warungdowo Selatan, Pohjentrek, Pasuruan; Abdul Hakam (39) warga Dusun Krajan, Grati, Pasuruan; Moch Sirojuddin (37) warga Dusun Krajan, Grati, Pasuruan dan Samsul Hadi (40) warga Dusun Rembang, Grati, Pasuruan.

 

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif