jatimnow alexametrics

Sulap Hutan Belantara, Pemdes ini Buat Wisata Sumorobangun Flowers

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Sulap Hutan Belantara, Pemdes ini Buat Wisata Sumorobangun Flowers

jatimnow.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Biting, Kecamatan Badegan, Ponorogo menyulap hutan belantara di Jalan Raya Perbatasan Wonogiri - Ponorogo menjadi tempat wisata Sumorobangun Flowers (SBF).

Wisatawan cukup membayar Rp 5 ribu untuk tiket masuk sekaligus parkir. Di tempat wisata ini, para wisatawan dapat berfoto dengan spot menarik dan terdapat jembatan gantung warna-warni.

"SBF ini ada wahana Jembatan Pelangi, jembatan gantung yang dicat warna-warni. Ada juga wisata edukasi rajang tembakau, seni karawitan, seni tari, bumi perkemahan dan rumah singgah (home stay)," kata Kepala Desa Biting, Bambang Warsito, Minggu (13/12/2020).

Selain itu, jika di hari Minggu atau libur maka wisatawan akan dihibur dengan campursari dari warga. Nantinya para pengunjung dapat menyumbang seikhlasnya.

Hiburan itu untuk memberdayakan agar dapat meningkatkan perekonomian warga dengan wisata.

"Area parkir luas serta dilengkapi fasilitas kamar mandi pun semakin menambah kenyamanan wisatawan. Lokasi yang mempunyai luas 0,5 hektare ini menawarkan bermacam-macam jenis bunga," urainya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Wisatawan itu biasanya berasal dari para pengendara yang melintas ke Jawa Tengah lewat Desa Biting, Kecamatan Badegan. Mulai dari warga Malang, Surabaya maupun dari Wonogiri, Solo," ujar dia.

Bambang juga mengakui jika pengunjung juga berasal dari Yogyakarta. Wisatawan lokal itu menyebut jika mereka tertarik setelah melihat keindahan tempat wisata itu.

"Pengunjung bisanya meningkat kalau weekend. Biasanya mencapai 1.500 pengunjung saat hari Minggu. Kalau hari biasa 500 orang," terangnya.

Tempat wisata baru ini direncanakan akan berkoordinasi dengan pihak pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo untuk pemberian bronjong di sepanjang aliran sungai.

"Inginnya kalau sudah dibronjong, nanti ada arena kuda juga di sana buat menarik wisatawan datang," tandas Bambang.

Salah satu wisatawan asal Wonogiri, Wulandari Arum mengaku baru pertama kali datang ke SBF. Dia penasaran dengan taman bunga dan spot foto.

"Saya tadi ngajak teman buat refreshing bersama karena lama nggak keluar jadi cari lokasi wisata yang dekat," kata Arum.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg