jatimnow alexametrics

Kualat! Curi Uang Kotak Amal Masjid 4 Kali, Pemulung ini Tertangkap

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Pemulung pencuri uang kotak amal masjid empat kali diamankan di Mapolsek Kenjeran, Surabaya
Pemulung pencuri uang kotak amal masjid empat kali diamankan di Mapolsek Kenjeran, Surabaya

jatimnow.com - Seorang pria diamankan warga setelah tepergok mencuri uang di kotak amal Masjid Roudhotul Jannah, Jalan Dukuh Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya.

Informasi yang dihimpun, pencurian terjadi sekitar pukul 10.00 Wib, Kamis (3/12/2020). Tersangka bernama Achmad Suha (40), warga Jalan Bulak Banteng, Surabaya.

Kapolsek Kenjeran Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Esti Setija Oetami membenarkan telah menahan tersangka Achmad Suha. Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Yang bersangkutan saat ini sudah kami tahan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Esti, Sabtu (12/12/2020).

Esti menjelaskan, tersangka beraksi seorang diri mencari sasaran secara acak. Pelaku menyasar masjid yang dalam keadaan sepi.

Saat mencuri uang di kotak amal Masjid Roudhotul Jannah, pelaku merusak gembok kotak amal menggunakan linggis. Setelah berhasil, uang yang ada di dalam kotak amal langsung dikuras dan dimasukkan ke dalam tasnya.

"Dia bawa tas ransel sama linggis. Jadi sudah benar-benar disiapkan untuk mencuri. Uang yang diambil di kotak amal itu sekitar Rp 180 ribu," tambahnya.

Namun kali ini, aksi yang dilakukan pelaku dipergoki warga. Setelah diamankan, di dalam tas pelaku ditemukan barang bukti pencurian. Pelaku mengakui perbuatannya dan dilaporkan ke polisi.

Dalam pemeriksaan, pria yang bekerja sebagai pemulung itu mengaku sudah empat kali melakukan aksi yang sama. Uang hasil mencuri dibuatnya untuk kebutuhan sehari-hari.

"Ngakunya sudah empat kali. Kebanyakan kotak amal yang dicuri di masjid-masjid daerah Bulak Banteng. Saat ini masih kami dalami lagi untuk mencari tahu kemungkinan TKP lainnya," pungkas Esti.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif