jatimnow alexametrics

Gunung Semeru Meletus, Ratusan Warga Mulai Mengungsi

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mahfud Hidayatullah
Foto istimewa
Foto istimewa

jatimnow.com - Letusan Gunung Semeru membuat ratusan warga di sekitar lereng dievakuasi ke tempat pengungsian sejak Selasa (1/12/2020) dini hari.

Ratusan warga itu dievakuasi secara mandiri di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumber Wulung, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Warga sudah mulai dievakuasi ke lokasi tersebut dan dinilai sudah aman dari semburan abu vulkanik," kata Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Kabupaten Lumajang, Setyawan Purnomo, saat dihubungi jatimnow.com.

Ia mengatakan, semburan awan panas dengan jarak luncur 3000 meter ke arah Besuk Koboan terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa sedang berlangsung karena batas aman hingga 4000 meter dihimbau masyarakat sekitar dan para penambang untuk waspada.

"Kami mendapat info tersebut pada pukul 03.00 Wib dini hari dan warga kurang lebih 550 orang setelahnya mulai melakukan evakuasi secara mandiri," jelasnya.

Ia menyebut, kondisi situasi aktifitas Gunung Semeru mulai landai dan tidak seperti yang terjadi sebelumnya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Kita berharap semoga aktivitas Gunung Semeru terus membaik dan segera kembali normal. Warga diminta tidak usah panik dengan situasi yang ada," ujarnya.

Para petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Lumajang mulai bersiaga.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg