jatimnow alexametrics

Tempat Kumuh dan Angker di Kota Probolinggo Disulap Jadi Area Wisata

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mahfud Hidayatullah
Bumi Pesona Randu (BPR) Kota Probolinggo
Bumi Pesona Randu (BPR) Kota Probolinggo

jatimnow.com - Warga Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo menyulap tempat yang dulunya kotor serta angker menjadi tempat wisata keluarga. Tempat itu kini dinamakan Bumi Pesona Randu (BPR).  

Soni Ketua Wisata BPR mengatakan, tempat itu dibangun atas gagasan dan ide bersama masyarakat setempat.

"Dulunya tempat ini kumuh dan angker. Alhamdulillah sekarang tempat ini sudah bisa dipakai masyarakat untuk berwisata," kata Soni, Selasa (3/11/2020).

Soni menjelaskan, dana untuk membangun tempat tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat serta donatur dan simpatisan. Pembangunan tempat ini juga direspon positif oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

"Membangun tempat ini mulai dari awal sudah mencapai satu tahun hingga saat ini dan sudah mulai terwujud," ungkapnya.

Soni juga menyebut, selain dijadikan tempat wisata keluarga, tempat ini juga digunakan untuk tempat belajar, baik itu berkaitan dengan kegiatan kesenian dan kebudayaan.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Sehingga kreativitas masyarakat di Kota Probolinggo bisa lebih terwadahi. Bahkan di lokasi ini juga bisa menjadikan tempat untuk para pedagang kaki lima (PKL) berjualan," tambah Soni.

Sementara Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengapresiasi atas kekompakan warga Kelurahan Jrebeng Lor dalam membangun tempat ini menjadi lokasi wisata.

"Apalagi tempat ini dulunya kotor. Saat ini sudah bersih dan indah setelah dilakukan proses pembangunan secara gotong royong," tegasnya.

Wali Kota Hadi juga mengimbau masyarakat agar selama Pandemi Covid-19 harus tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap melakukan aktivitas.

"Tetap harus memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Sehingga Virus Corona bisa dicegah penularan dan penyebarannya," tandasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif