Disparta Sukses Gelar Kangmas Nimas Kota Batu 2020

jatimnow.com - Ajang duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu Tahun 2020 sukses digelar oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu di Klub Bunga Batik Resort Batu.

Mereka diharapkan bisa menjadi duta promosi potensi dan destinsi wisata Kota Batu di kancah nasional hingga internasional.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan duta wisata merupakan salah satu kaderisasi kaum milenial di Kota Batu. 10 pasang finalis adalah putra putri terbaik dengan beragam latar belakang pendidikan dan prestasinya.

"Merekalah yang bakal menjadi corong terdepan Pemkot Batu dalam mengenalkan potensi wisata yang ada di Kota Batu. Nantinya para finalis duta wisata yang masuk dalam 10 besar bisa mengenalkan Kota Wisata Batu di kancah nasional atau penjuru dunia," tuturnya Rabu (21/10/2020) malam.

Menurut Arief, Kangmas Nimas Kota Batu juga bakal bertugas selama dua tahun kedepan. Sesuai dengan tema njajah desa (menjelajahi desa), milang kori (menghitung pintu) untuk memperkenalkan pariwisata, budaya, kesenian, pertanian hingga produk kerajinan, dan kuliner yang ada di kota wisata Batu.

"Tiap finalis Kangmas Nimas telah melakukan perjalanan jauh menjelajahi potensi desa yang ada di Kota. Tujuan dari perjalanan mereka mencari pengalaman hidup untuk mengenal kehidupan di sana," ujar dia.

Mulai dari watak perilaku penduduknya hingga potensi desa wisata yang kemudian dieksplore dan diperkenalkan pada dunia dan menjadi ujung tombak mengenalkan Kota Wisata Batu di tiap pelosok negeri.

Beberapa tahapan sebelum mereka masuk 10 besar antara lain untuk mengikuti berbagai rangkaian seleksi dari sekitar 200 peserta yang mendaftar dihadapan para juri. Seperti tahap test tulis, interview bersama pemateri bahasa Inggris hingga tes kepribadian. Kemudian test tahap 2 meliputi focus group discussion tentang permasalahan di Kota Batu.

"Bukan hanya potensi yang ada di Kota Batu. Nantinya Kangmas Nimas bakal mewakili Kota Batu di ajang yang lebih tinggi lagi. Yakni Raka Raki Jatim dan ajang lebih tinggi lainnya. Karena itu kami berharap Kangmas Nimas Kota Batu bisa memberikan yang terbaik bagi Kota Batu di kancah nasional dan internasional," harap dia.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan meski pelaksaan mundur karena Pandemi Covid-19, tetapi berkat keseriusan Disparta grand final bisa terlaksana dengan sukses. Ia berharap dari kegiatan seperti ini bisa menggali potensi-potensi pemuda-pemudi Kota Batu dalam setiap tahunnya.

"Ajang pemilihan seperti ini untuk menggodok kawah candradimuka agar nanti pemuda-pemudi bisa berkiprah di kancah nasional atau internasional. Nanti tolong siarkan kepada khalayak hal baik yang dimiliki Kota Batu, potensi wisatanya, kehidupan gotong royong, dan gaungkan untuk mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19," tegas Dewanti.

Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020 diraih oleh Surya Bagus Pambudi dan Oxa Feby Salsabilla.

Untuk kategori terfavorit Kangmas Nimas Kota Batu tahun 2020 jatuh kepada Arghata Diananta Romadhon dan Anggun Izzatul Chofifah. Kemudian kategori persahabatan Kangmas Nimas Kota Batu 2020 diraih oleh Fahruli dan Yessica Febbina Cezzabella.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top