Kontak Erat dengan Ibu Melahirkan Konfirm Corona, 51 Warga Diuji Swab

jatimnow.com - Uji swab dilakukan terhadap 51 warga Jalan Ontoseno, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Ponorogo yang terlacak kontak erat dengan seorang ibu melahirkan terkonfirmasi Covid-19.

"Setelah tracing awal kita dapat 45 orang, kemudian kita temukan 51 warga," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Hermansyah, Rabu (7/10/2020).

Hermansyah menambahkan bahwa ibu melahirkan itu terkonfirmasi (positif) Covid-19 saat bayinya yang berumur 7 hari menderita diare.

Setelah hasil rapid test ibu dan anak itu reaktif, keduanya akhirnya keduanya dites swab. Hasilnya ibu itu konfirm Covid-19 dan sang bayi belum keluar.

"Setelah kami lacak ada 51 orang yang berkontak erat dan hari ini akan dilakukan tes swab," jelas Hermansyah.

Baca juga:  

Hermansyah merinci dari 51 itu, 7 di antaranya balita, sedangkan lainnya merupakan orang dewasa. Mereka melakukan tilik atau mengunjungi bayi ke rumah pasien. Mereka sebelumnya melakukan isolasi mandiri.

"Mereka sudah melakukan isolasi mandiri hingga hasil swab keluar untuk menjaga agar tidak terjadi penularan," tambahnya.

Sementara tokoh masyarakat Kelurahan Kepatihan, Sumarji mengatakan bahwa 51 warganya sangat antusias untuk mengikuti tes swab.

"Mereka ingin mengetahui apakah positif apa negatif. Kalau negatif alhamdulillah berarti sehat. Kalau positif ya segera minta perawatan," ungkap Sumarji.

Sebelum 51 warga tersebut, sudah ada 5 warga yang dilakukan uji swab. Lima warga tersebut adalah keluarga yang tinggal serumah dengan ibu melahirnya yang konfirm Covid-19.

Namun hingga hari ini hasil tes swab kelima anggota keluarga pasien tersebut belum keluar.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top