jatimnow alexametrics

Wisata Sumber Cinde Kota Batu Bakal Dikembangkan, Begini Konsepnya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Wisata Sumber Cinde Kota Batu
Wisata Sumber Cinde Kota Batu

jatimnow.com - Untuk mewujudkan wisata alam di Desa Bumiaji, Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu bakal berkoordinasi dengan PDAM Kota Malang serta membuat kajian pengembangan wisata di sekitaran Sumber Cinde, desa setempat.

Rencananya, Sumber Cinde akan dijadikan tempat tujuan wisata alami dengan suguhan area bermain air, kolam renang, situs budaya dan tempat pertunjukan untuk menjaga tradisi desa yang bisa berdampak positif bagi perekonomian warga setempat.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/hotel-sahid-surabaya-2222-best-wedding-dates.jpg

"Jadi kita akan koordinasi dahulu dengan PDAM Kota Malang selaku pemilik lahan, lalu membuat kajian wisata alami seperti apa yang nanti disuguhkan melibatkan masyarakat sekitar dan Pemdes Bumiaji. Itu komitmen kami agar ada dampak positif yang nanti bisa dirasakan masyarakat," jelas Arief, Senin (5/10/2020).

Meski nanti bakal terwujud, kelestarian sumber mata air tetap harus dijaga. Makanya tidak boleh ada bangunan permanen yang dibangun. Semua pihak pun harus siap untuk menjaga lingkungan agar terlihat asri.

"Jangan sampai mengganggu atau merusak lingkungan maka harus ada kajian. Setelah diketahui hasilnya jika memungkinkan baru dilaksanakan konsep wisatanya," imbuh Arief.

Disparta juga sudah menginformasikan ke Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dengan tanggapan sangat mendukung. Namun ia berpesan agar lingkungan tetap terjaga.

Semua persiapan untuk menunjang potensi tujuan wisata antara lain sarana dan prasarana, termasuk fasilitas umum berupa jalan dan penerangan hingga soal perizinan bakal difasilitasi.

Sementara Kepala Desa Bumiaji, Edy Jabo Suyanto menyebut memang ada inisiatif untuk menjadikan Sumber Cinde tempat tujuan wisata. Namun terdapat kendala yang dihadapi Pemdes Bumiaji, yaitu soal legalitas pemilik Sumber Cinde.

"Sumber Cinde, memang masuk kawasan Bumiaji, tapi kepemilikannya PDAM Kota Malang. Jika terealisasi ia berharap ada sumbangsih sosial sehingga ada dampak positif terhadap masyarakat," tutupnya.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif