Update

Tahun 2021, Pemkab Ponorogo Beri RT Rp 2 Juta dan Dasawisma Rp 1 Juta

jatimnow.com - Program peningkatan kesejahteraan menjadi prioritas dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2021 Ponorogo. Ada dua program baru yang akan dijalankan untuk merealisasi prioritas tersebut tahun depan.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Ponorogo, Agus Pramono merinci program yang dimaksud bantuan operasional sebesar Rp 2 juta per tahun per RT. Bantuan itu dimaksudkan untuk mendukung operasional di setiap RT, dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan dalam setahun.

"Jumlah RT di Ponorogo mencapai 7.105. Semua bakal dapat bantuan itu," ujarnya, Senin (28/9/2020).

Kedua, kata dia, bantuan dana kas Rp 1 juta untuk dasawisma guna mendorong ketahanan keluarga. Diketahui, jumlah dasawisma di Ponorogo mencapai 14.409.

Kedua program tersebut diyakini Agus dapat mendorong peningkatan kesejahteraan. Sebab selama ini, RT dan dasawisma memiliki peranan penting di masyarakat. Dalam lingkup kecil, RT dan dasawisma menjalankan berbagai kegiatan pemberdayaan.

"Dengan bantuan ini, harapannya dapat semakin menghidupkan peran maupun fungsi RT dan dasawisma," urai Agus yang juga menjabat sebagai sekretaris daerah (Sekda) Ponorogo itu.

Dijelaskannya, prioritas itu tertuang dalam nota keuangan RAPBD 2021 yang telah disampaikan pemkab kepada DPRD, pekan lalu.

"Ini sejalan dengan prioritas di tahun kelima rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)," ungkapnya.

"Prioritas di tahun kelima sesuai RPJMD adalah peningkatan kesejahteraan rakyat berbasis nilai agama dan budaya," imbuhnya.


RPJMD Tahun Kelima:
- Prioritaskan peningkatan kesejahteraan rakyat berbasis nilai agama dan budaya
- Rp 2 juta per tahun bantuan operasional untuk rukun tetangga (RT)
- 7.105 jumlah RT di Ponorogo
- Rp 1 juta per tahun dana kas dasawisma, untuk mendorong ketahanan keluarga
- 14.409 jumlah dasawisma di Ponorogo
(Sumber: TAPD Ponorogo)

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top